[HOAX] Fenomena Equinox Bikin Suhu Jadi 40 Derajat Celcius di Indonesia

Sumber : Whatsapp

Narasi :

Teman2 yb, sekedar menginformasikan saja, karena fenomena Equinox yang akan mempengaruhi Malaysia, Singapura dan Indonesia di 5 hr ke depan. Disarankan utk tinggal di dalam rumah atau diruang kerja terutama dari jam 12:00-15:00 setiap hari. Suhu akan berfluktuasi sampai 40 derajat Celcius. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi dan matahari stroke. ( Fenomena ini adalah karena matahari diposisikan tepat di atas garis khatulistiwa pd tgl 20 Maret.

Harap menjaga kesehatan diri agar tdk dehidrasi. Setiap orang setidaknya mengkonsumsi sekitar 3 liter cairan setiap hari. Memonitor tekanan darah. Kemungkinan mendapatkan serangan panas.

Mandi air dingin sesering mungkin. Mengurangi daging, perbanyak buah2an & sayuran.

Tempatkan lilin tidak terpakai di luar rumah. Jika lilin bisa meleleh, berarti udara dalam tingkat yang cukup berbahaya.

Jika bisa selalu menempatkan ember dgn air setengah penuh di ruangan, ruang tamu & di setiap kamar untuk menjaga suhu tetap lembab.

Pengalaman pertama di Malaysia dan Singapura. Heat stroke yang tidak memiliki gejala indikasi. Setelah pingsan, yang serius berbahaya seperti kegagalan organ dalam.
Hari menjadi lebih hangat mungkin lebih dari 2 minggu ke depan. Bisa sampai 9 derajat lebih tinggi dari biasanya ! Terima kasih.

Penjelasan :

Sebuah pesan siaran tersebar yang menyebutkan bahwa akan ada fenomena Equinox yang melanda Singapura, Malaysia, dan Indonesia selama 5 hari ke depan. Fenomena ini disebut akan meningkatkan suhu yang cukup signifikan sampai dengan 40 derajat celcius.

Pesan siaran itu menyarankan masyarakat untuk berdiam di dalam rumah pada pukul 12.00 – 15.00 WIB pada tanggal 20 Maret 2016. Disebutkan pula bahwa Equinox dapat menyebabkan dehidrasi dan heat stroke. Tautan berita pun dicantumkan dalam pesan tersebut.

Equinox adalah fenomena di mana matahari berada di khatulistiwa. Sehingga matahari benar-benar berada di atas kepala pada siang hari. “Pada tanggal 21 Maret martahari melintasi equator dari selatan ke utara. Pada saat itu belahan bumi selatan dan utara sama-sama mendapat sinar matahari,” ujar Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaludin saat berbincang dengan detikcom.

Thomas menambahkan, fenomena Equinox memang terjadi sebanyak dua kali dalam setahun. Equinox berikutnya akan terjadi pada 22 September.

Dia kemudian menyebut informasi yang disebarkan mengenai dampak Equinox terlalu berlebihan. Karena, kata Thomas, tak ada perubahan suhu yang signifikan pada saat Equinox.

“Tidak perlu khawatir karena matahari melintas itu hal yang biasa dan tak ada perubahan. Justru pada saat Equinox ini, lama siang sama dengan malam,” imbuh Thomas.

Saat ini suhu udara rata-rata 27 derajat celcius. Sehingga pada saat Equinox pun tak berbeda jauh dengan suhu tersebut.

Fenomena Equinox memang akan terjadi pada bulan Maret dan September tahun ini. Namun dampak yang ditimbulkan oleh Equinox tidak separah yang dijelaskan dalam pesan siaran itu.

Temperatur udara tidak akan berubah secara signifikan pada saat Equinox. Dengan demikian maka pesan siaran tentang dampak Equinox tersebut adalah tidak benar atau hoax.

Referensi : https://news.detik.com/berita/3168111/isu-fenomena-equinox-bikin-suhu-jadi-40-derajat-celcius-di-indonesia

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/259869007678975/

 

 

About Levy Nasution 298 Articles
Journalist, traveller