[DISINFORMASI] Jokowi Bantu Laos Bangun Infrastruktur, Ketika Jembatan-Jembatan di Indonesia Masih Meprihatinkan

Sumber : Media Sosial

Narasi :

Mohon pencerahan yg berita Sindo.

Trus yg gambar Jembatan, lokasi dmn???apa sampai saat ini masih seperti itu??? tanpa penanganan dr pemerintah setempat.

Penjelasan :

Kesepakatan kerjasama antara Indonesia dan Laos untuk terus meningkatkan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi. Hal tersebut merupakan salah satu hasil pertemuan antara Menlu RI, Retno Marsudi dan Menlu Laos, Toungloun Sisoulith, di Vientiane tanggal 27 Januari 2016, seperti dikutip laman resmi dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, kemlu.go.id.

Perdagangan antara Indonesia dan Laos sejauh ini masih sangat terbatas (2015: USD: 7,71 juta) dengan surplus berada di pihak Indonesia. Perdagangan juga sebagian dilakukan melalui pihak ketiga.  Kedua negara berupaya mencari cara agar perdagangan bilateral dapat ditingkatkan di masa mendatang, antara lain melalui promosi perdagangan.

Indonesia menawarkan kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur dan transportasi, dimana Indonesia memiliki pengalaman yang dapat dikerjasamakan dengan Laos.

Presiden Jokowi angkat bicara soal kesepakatan tersebut. Dia mengatakan, Indonesia siap membantu Laos untuk membangun infrastruktur di negara tersebut.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan ‎Presiden Laos Choummaly Sayasone, di sela kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat (AS), dikutip dari sindonews.com.

Jokowi mengharapkan agar hubungan bilateral kedua negara terus meningkat, terutama di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata, serta menyambut baik ketertarikan Laos untuk membeli produk industri strategis Indonesia, seperti pesawat transpor ringan.

“Indonesia siap berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Laos,” kata Jokowi dalam siaran pers yang diterima Sindonews di Jakarta, Rabu (16/2/2016).

Kebijakan kesepakatan itu menjadi sebuah anomali bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia menilai pemerintahan Jokowi tidak memperhatikan infrastuktur negeri sendiri yang masih banyak kondisi fasilitas umum yang memprihatinkan. Malah, pemerintahan Jokowi lebih membantu infrastruktur Laos. Seperti contoh postingan diatas yang bertema sindiran, dengan memperbandingkan berita dari sindonews.com dengan foto jembatan-jembatan yang rusak.

Foto jembatan gantung yang dimuat oleh oknum di dalam postingannya merupakan foto jembatan di Kabupaten Lebak, Banten. Foto itu adalah foto lama yang dipakai, sebab sejak 2 Desember 2015 sudah resmi direnovasi dan sudah layak digunakan oleh masyarakat setempat. Jembatan di Kabupaten Lebak, Banten, yang sebelumnya merupakan jembatan gantung yang beralas dari kayu, sekarang berubah menjadi jembatan kokoh yang beralaskan semen.

Jembatan itu diinisiasi oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Merespon fenomena keterbatasan infrastruktur itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi untuk menggalang kemitraan dengan berbagai elemen. Membantu warga Lebak mendapatkan sarana jembatan yang memadai. Hasilnya, salah satu mitra ACT, Komunitas Sedekah Brutal, bergabung dalam pembangunan jembatan di Kabupaten Lebak.

Selama lebih dari sebulan ACT telah menuntaskan pembangunan jembatan kokoh berbahan cor semen beton dan besi baja siku yang menyambungkan akses dari Kampung Sanding ke Kampung Bubur, Desa Sindangsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Busro, Kepala Desa (Kades) Sindangsari pun mengucap syukur dan terimakasih kepada ACT dengan selesainya pembangunan jembatan ini.

“Warga jelas sangat senang dan bangga dibangunkan jembatan yang kokoh, ini salah satu bentuk kebangkitan warga Desa Sindangsari yang terus berikhtiar. Bersama perangkat Desa, warga, dan berkat silaturrahmi dengan ACT, akhirnya terlaksana pembangunan jembatan ini,” ujar Busro penuh haru.

Demikian keterangan dari ACT terkait pembangunan jembatan “maut” Lebak, Banten, seperti dirilis ACT di situsnya http://blog.act.id/satu-lagi-senyum-…esa-terpencil/

Referensi : https://www.kemlu.go.id/id/berita/Pages/laos-menlu-retno-.aspx

https://ekbis.sindonews.com/read/1085650/34/jokowi-ri-siap-bantu-laos-bangun-infrastruktur-1455596672

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/244405885891954/

 

About Levy Nasution 278 Articles
Journalist, traveller