(DISINFORMASI) : Tuduhan Konspirasi Pistol Yang Dipakai Teroris Bom Sarinah

Bom Sarinah menyebabkan dunia maya kebanjiran berita hoax & fitnah, terutama berupa tuduhan konspirasi (antara pemerintah & teroris). Salah satunya adalah ini : senjata yang dipakai oleh teroris Sarinah dituduh berasal dari militer / pemerintah.

Padahal sebenarnya hasil buatan industri rumahan, alias palsu / KW

Banyak yg ambil kesimpulan bahwa “senjata si pelaku teror adalah senjata organik. Yg biasa dipakai oleh militer. Warna silver pula, pasti bukan orang sembarangan”

Eits… tahan dulu, jangan buru2 ambil kesimpulan.

FN (Fabrique Nationale) Browning Hi Power adalah salah satu pistol yang paling banyak ditiru/dirakit oleh industri senjata gelap dan rumahan. Bahkan ada rakitan yang pakai nomor seri dan marking.

Hasil rakitan sekarang canggih2 lho. Bagi orang awam sudah tentu gak bisa bedakan dan langsung berpikir macam2.

Mari bandingkan antara yg genuine dan milik pelaku teror. Walaupun buram namun saya (insyaAllah) bisa identified hal2 yg agak unik di senjata tsb.

A. Finishing warna nickel biasanya justru sering digunakan dan menjadi favorite pengrajin senjata rumahan. Kenapa? Karena nickel adalah shortcut untuk menahan karat paling simple. Gak perlu cat khusus, gak perlu proses blueing. Bahan metal yang digunakan pengrajin rumahan biasanya mudah korosi.

Yang pasti Militer gak pernah pakai pistol finishing nickel. Justru nickel memantulkan cahaya dan bahaya dibawa tempur dan jadi magnet peluru lawan. #makesense?

B. Grip kaya nampak memakai kayu murahan. Body boleh sama2 baja, tapi pilihan kayu gak bisa main2. Kayu dengan proses yang asal2an menyerap keringat dan membuat warna berubah dan feel, tampilan jadi kasar.

C. Harusnya bagian ini ada bagian senjata namanya EXTERNAL Extractor, bentuknya garis panjang. Namun senjata milik pelaku teror tidak memiliknya alias pakai INTERNAL Extractor. Memang ada FN asli yg tidak nampak garisnya karena pakai internal Extractor, namun itu seri lawas, buatan tahun 1939. #nah !

D. Warna magazine kok tidak seragam dengan warna senjata? Yap, lagi2 ciri dari pistol rakitan. Magazine dan body senjata tidak match.

Semoga bermanfaat.

SUMBER:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/229710900694786/