[HOAX] Menggunakan Topi Kerucut di Tahun Baru Berarti Murtad (Auto-Murtad)

SUMBER: http://www.portalpiyungan.info/2015/12/tahukah-anda-topi-kerucut-tahun-baru.html

NARASI:
“TAHUKAH ANDA, Topi Kerucut Tahun Baru, Tanda Muslim Telah Murtad. Topi Tahun Baru yg berbentuk kerucut ternyata adalah topi dengan bentuk yang di sebut SANBENITO, yakni topi yg digunakan Muslim Andalusia untuk menandai bahwa mereka sudah murtad dibawah penindasan Gereja Katholik Roma yang menerapkan INKUISISI SPANYOL.”

PENJELASAN:
Artikel dari buku Irena Handoko yang dikutip oleh situs Piyungan ini bertentangan dengan Rasulullah saw.

Auto-murtad tidak ada dalam Islam, karena “innamal a’malu bin niyah” : semua amal / tindakan itu sesuai dengan niatnya. Dan Rasulullah saw sudah mengizinkan berpura-pura murtad ketika nyawa terancam (darurat).

Sanbenito itu adalah kombinasi jubah + topi kerucut DENGAN hiasan / gambar.

Bukan asal topi kerucut.

Dikutip dari https://en.wikipedia.org/wiki/Sanbenito :

“It was similar to a scapular, either yellow with red St. Andrew’s crosses for penitent heretics or black and decorated with friars, dragons and devils for impenitent heretics”
“It was a simple yellow scapular with a red cross, and a conical cap, denominated coroza, which was formed of the same material as the sanbenito, and decorated with similar crosses but no paintings, figures, or flames,”

===
Sanbenito disamakan dengan perayaan Tahun baru : ini adalah ilmu Cocoklogi. Joko sembung, alias tidak nyambung. Kata seorang ustadz : “othak – athik – mathuk”. Pokoknya dipaksakan supaya nyambung. Sehingga menyesatkan.

Sudah lama saya tidak mau mengutip Irena Handoko, karena dakwahnya bermasalah. Piyungan ikut bermasalah dengan membuat judul yang menuduh murtad dengan sembarangan (“Topi Kerucut Tahun Baru, Tanda Muslim Telah Murtad”). Astaghfirulloh.

Bagi yang tetap ngotot menuduh murtad, mudah-mudahan ingat hadits ini :

Dan barangsiapa yang memanggil seseorang dengan panggilan “kafir” atau “musuh Allah” padahal dia tidak kafir, maka tuduhan itu akan kembali kepada penuduh. [HR Muslim].

http://www.portalpiyungan.info/…/tahukah-anda-topi-kerucut-…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/222249691440907/