(FAKTA) Kebakaran Hutan di Kalimantan Tengah

Sumber: Pertanyaan dari akun Ilva Nora Paytren, Anggota FAFHH

Narasi: Narasinya berupa pertanyaan dari akun Ilva Nora Paytren disertai video dari Fanpage BBC Indonesia. Berikut narasinya:

[…] Ini Hoak atau Fakta? […]

Penjelasan: Kebakaran hutan memang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada bulan Oktober 2015. Link pada postingan video tersebut mengarah kepada pemberitaan yang dimuat di laman BBC Indonesia, berikut alamt urlnya:

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/10/151019_majalah_bjorn_haze_kalimantan?ocid=socialflow_facebook

[…] Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah menguning diliputi kabut asap akibat kebakaran hutan berskala besar. Juru kamera dan fotografer, Bjorn Vaughn, merekam kehancuran dan kesedihan kota dalam sejumlah foto.

“Saya mencintai Indonesia dan saya cinta Kalimantan. Orang-orang, budaya, hutan, orang utan, dan keindahan alamnya. Saya menyadari seberapa cepat semua itu menghilang,” katanya kepada BBC Indonesia.

Bjorn berkewarganegaraan Inggris-Amerika, yang lahir di Spanyol dan dibesarkan di Jerman. Dia pernah tinggal di berbagai negara, namun dalam enam tahun terakhir menetap di Kalimantan sebagai bagian dari rumah produksi Borneo Productions International.

Sebagai juru kamera, dia sering melihat langsung kebakaran hutan dan menyadari betapa sulitnya memadamkan api di lahan gambut.

“Saya berharap bahwa foto-foto ini membuat orang merasakan apa yang saya rasakan ketika memotretnya. Kehancuran, kesedihan, dan harapan. Saya harap sejumlah gambar ini bisa meningkatkan kesadaran dan mungkin bisa membuat orang tergerak – sama seperti foto-foto ini menggerakan saya – sehingga ini tak lagi terjadi.” […]

Kebakaran hutan yang disaksikan BBC

Kebakaran hutan di Kalimantan Tengah yang disaksikan langsung oleh BBC pekan lalu.Simak sejumlah foto-foto terkait kabut asap yang mencerminkan kehancuran, kesedihan, dan harapan dalam tautan berikut: http://bbc.in/1LnSwhz

Posted by BBC Indonesia on Wednesday, October 21, 2015

Referensi:

Url pertanyaan di FAFHH:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/194682727530937/