[SALAH] ANIES MAKIN TERANG-BENDERANG !! SAID AQIL WAJIBKAN NU PILIH ANIES || YAHYA STAQUF PANIK

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Said Saqil mewajibkan NU untuk memilih Anies. Unggahan tersebut telah dimanipulasi baik cover judul dan isinya yang tidak sesuai dengan judul. Narasi dalam unggahan tersebut menjelaskan hal lain yang tidak ada kaitannya dengan judul yang tertulis.

=========
 [KATEGORI]: Konten menyesatkan.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694342996.784429/www.youtube.com/watch%40v%3DN5i0m7q9rwM.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “ANIES MAKIN TERANG-BENDERANG !! SAID AQIL WAJIBKAN NU PILIH ANIES || YAHYA STAQUF PANIK”

============
[PENJELASAN]:
Akun YouTube Suara Politik Indonesia pada 8 September 2023 mengunggah video dengan judul “ANIES MAKIN TERANG-BENDERANG !! SAID AQIL WAJIBKAN NU PILIH ANIES || YAHYA STAQUF PANIK”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 5 menit 50 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa Said Aqil mewajibkan NU memillih Anies Baswedan dalam pilpres 2024. Selain itu diawal unggahan tersebut terdapat cuplikan video Yahya Cholil ketua PBNU yang memberikan pernyataan bahwa sampai saat ini tidak ada calon atas nama NU.

Unggahan tersebut menarasikan artikel berjudul “Ini Daftar Kiai dan Bu Nyai yang Hadir di Deklarasi Anies-Muhaimin” yang diunggah pada laman beritajatim.com tanggal 2 September 2023. Artikel ini menyajikan nama-nama Pak Kyai dan Bu Nyai yang hadir dalam acara Deklarasi Anies-Muhaimin.

==========
[REFERENSI]:
– https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/ini-daftar-kiai-dan-bu-nyai-yang-hadir-di-deklarasi-anies-muhaimin/
– https://youtu.be/CavSkBvY_Tg?si=B8_6EfhSKn2uQ3Xo