[SALAH] Jakarta Hancur Dihantam Tornado

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Klaim yang menyatakan Jakarta telah dilanda tornado hingga menyebabkan rumah ibadah hancur adalah informasi yang tidak benar, isi video tersebut justru membahas tentang peristiwa puting beliung di Medan.

===========

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1695043615.447601/index.html

===========

[NARASI]: “PUTING BELIUNG HARI INI ~ JAKARTA REMUK ANGIN TORNADO SAPU BERSIH TEMPAT IBADAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 17 September 2023 lalu muncul unggahan video di Youtube dari akun bernama CCTV Bencana mengklaim jika Jakarta sedang dihantam oleh tornado dan hancurkan tempat-tempat ibadah.

Namun setelah disimak lebih lanjut, isi dari video tersebut hanya membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah pada 14 September 2023 lalu oleh detik.com dengan judul “15 Rumah Rusak di Medan Setelah Diterjang Angin Puting Beliung”.

Dalam artikel tersebut sendiri menjelaskan tentang kejadian angin puting beliung yang melanda Medan pada 14 September 2023 lalu. Artikel tersebut menjelaskan jika angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Sehingga menimbulkan kerusakan 15 rumah di 2 kelurahan Medan.

Berdasarkan telusuran tersebut maka klaim yang menyatakan Jakarta telah dilanda tornado hingga menyebabkan rumah ibadah hancur adalah informasi yang tidak benar, isi video tersebut justru membahas tentang peristiwa puting beliung di Medan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6931967/15-rumah-rusak-di-medan-setelah-diterjang-angin-puting-beliung