[SALAH] “RAFAEL ALUN JADI INVESTOR RANS, HARTA RAFFI AHMAD LUDES DISITA”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Rafael Alun jadi investor Rans, harta Raffi Ahmad ludes disita.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]:YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1681318398.950891/singlefile.html

=====

[NARASI]: SELURUH ASET RAFFI AHMAD DIRAMPAS!! TERUNGKAP, INVESTOR RANS DARI RAFAEL ALUN…

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah kanal Youtube dengan nama akun “NGERUMPI” mengunggah video dengan klaim seluruh aset Raffi Ahmad dirampas, terungkap investor Rans adalah Rafael Alun.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Melansir dari Kompas.com sebelumnya Raffi Ahmad membantah bahwa dirinya adalah artis inisial R yang disebut terlibat kasus pencucian uang oleh Rafael Alun.

Meksi begitu, Raffi Ahmad mengakui bahwa menantu Rafael, Jeremy Imanuel Santoso bekerja di perusahaan miliknya. Raffi pun menegaskan ia sama sekali tidak kenal dengan Rafael Alun.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa seluruh aset Raffi Ahmad dirampas, terungkap investor Rans adalah Rafael Alun adalah salah dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/11/185800282/-hoaks-rafael-alun-jadi-investor-rans-seluruh-aset-raffi-ahmad-disita?page=all#page4