[SALAH] “Ini Gunung Dieng Salatiga”

Foto hasil suntingan, gunung yang berada di foto adalah Gunung Shasta yang berada di California, Amerika Serikat. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/320iJRa, akun “Halim Cokro” (facebook.com/halim.cokro.7). Sudah dibagikan 4,531 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Lihat baik2..ini bukan gn.Fuji.di jepang…bukan juga pegunungan Alpen di eropa…tapi ini gn.Dieng Salatiga…Indonesia..suhu -9°C.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

  • SUMBER membagikan foto hasil suntingan, foto Gunung Shasta di California (Amerika Serikat) digabungkan dengan foto Gerbang Tol Salatiga di Salatiga (Jawa Tengah).
  • SUMBER menambahkan narasi sehingga menimbulkan premis yang salah.

(2) http://bit.ly/2JaJ7PK, sumber foto yang dibagikan oleh SUMBER. Akun “APRI” (instagram.com/apriantobaguss).


(3) http://bit.ly/2XxceGj, salah satu sumber foto Gunung Shasta.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2XCjpwF “Kementrian PUPR” (instagram.com/kemenpupr, akun terverifikasi): “Inilah Gerbang Tol yang sering dibicarakan karena keindahan latar belakangnya. Apakah #SahabatPUPR bisa menjawab gunung apakah yang menjadi latar belakang di jalan tol yang memiliki panjang 17,6 kilometer ini? Share jawabannya di kolom komentar, ya!

#GTSalatiga

#KuisTriviaPUPR”.


(2) http://bit.ly/2RJ6t32 “- angga adhya-” (instagram.com/rifrafmom): “Ngerasain juga lewat gerbang tol Salatiga. Very nice view… 💙.
.
.
.
.

#latepost #22juni2018 #gtsalatiga

#gerbangtolsalatiga #gunungmerbabu #otwsurabaya#familytrip2018 #surabayatrip #indonesiabagus”.


(3) http://bit.ly/2XaWsBo Google Maps, Gerbang Tol Salatiga > Pegunungan Dieng.

Gunung yang biasanya muncul di foto-foto Gerbang Tol Salatiga adalah Gunung Merbabu, bukan “Gunung Dieng” seperti yang diklaim oleh SUMBER.


(4) Wikipedia: “Gunung Shasta

Gunung Shasta ( Karuk : Úytaahkoo atau “Gunung Putih”) [5] [6] adalah gunung berapi yang berpotensi aktif [7] di ujung selatan Range Cascade di Siskiyou County, California . Pada ketinggian 14.179 kaki (4321.8 m), itu adalah puncak tertinggi kedua di Cascades dan tertinggi kelima di negara bagian . Gunung Shasta memiliki volume diperkirakan 85 mil kubik (350 km 3 ), yang menjadikannya stratovolcano paling bervolume di Arc Volcanic Cascade . [8] [9] Gunung dan daerah sekitarnya adalah bagian dari Hutan Nasional Shasta – Trinity . …”

(Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2FEhSfI).

“Mount Shasta

Mount Shasta (Karuk: Úytaahkoo or “White Mountain”)[5][6] is a potentially active[7] volcano at the southern end of the Cascade Range in Siskiyou County, California. At an elevation of 14,179 feet (4321.8 m), it is the second-highest peak in the Cascades and the fifth-highest in the state. Mount Shasta has an estimated volume of 85 cubic miles (350 km3), which makes it the most voluminous stratovolcano in the Cascade Volcanic Arc.[8][9] The mountain and surrounding area are part of the Shasta–Trinity National Forest. …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2YkPiqH.


(5) http://bit.ly/2JbYBTx, arsip SUMBER.