[SALAH] Mengatasi Tabung Gas Elpiji Bocor Dengan Merendamnya ke Air

Hasil periksa fakta Raymondha.

Klaim memasukkan tabung gas ke dalam air untuk mengatasi kebocoran adalah salah. Cara tersebut hanya untuk mendeteksi kebocoran bukan untuk menghentikan gas yang keluar dari tabung.

=======

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

=======

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/aLwQh (archive)

=======

[NARASI]: “Hal pertama saat keadaan darurat jangan panik :writing_hand:
Tips jika tabung gas tiba” bocor
Angkat tabung msukn ke ember yg berisi air supaya bau gas nya tidak menyebar dan jgn kburu hidup kn api bila bau gas nya blum hilang ini berlaku buat yg Tingal di perumahan padat penduduk klau di desa mah lempar ja di kebon beres deh:relaxed:

=======

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo.
Beredar unggahan di Facebook yang mengklaim bahwa saat tabung gas elpiji bocor sebaiknya direndam dengan air untuk mencegah bau gas tidak menyebar

Dilansir dari Tempo, staf pengajar dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga, Tahta Amrillah, SSi, MSc, PhD, mengatakan merendam gas elpiji yang bocor ke dalam air tidak sepenuhnya mencegah gas yang keluar. Tahta mengatakan memasukkan tabung ke dalam air lebih tepat hanya untuk mendeteksi letak kebocoran. Akan tetapi gas dari dalam tabung tetap bisa keluar, meski jumlahnya tidak banyak.

Cara yang lebih tepat untuk mengatasi tabung gas yang bocor, sementara waktu bisa menggunakan kain basah. Hal tersebut untuk mencegah agar gas tidak memenuhi ruangan. Dengan demikian, klaim memasukkan tabung gas ke dalam air untuk mengatasi kebocoran adalah salah. Cara tersebut hanya untuk mendeteksi kebocoran bukan untuk menghentikan gas yang keluar dari tabung.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3127/keliru-klaim-mengatasi-tabung-gas-elpiji-bocor-dengan-merendamnya-ke-air


https://turnbackhoax.id/2022/12/16/salah-cara-mengatasi-tabung-gas-bocor-dengan-direndam-dalam-air/