[SALAH] Cara Mengatasi Tabung Gas bocor dengan Direndam Dalam Air

Hasil periksa fakta Dyah febriyani. Informasi menyesatkan. Tindakan merendam tabung gas yang sedang bocor ke dalam air dapat menyebabkan ledakan. Jika terjadi kebocoran segera bawa tabung gas ke tempat yang luas.

=====

[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

=====

[NARASI]

“kaget tiba-tiba bau gas. Ternyata tabung gas bocor. Karena panik langsung direndam di air aja. Akhirnya habis juga gasnya. Untung ga meledak. Alhamdulillah. “

Sumber : Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1670860293.130116/output.pdf

======

[PENJELASAN]

Beredar video Tiktok yang memperlihatkan cara mengatasi tabung gas yang bocor dengan cara merendamnya ke dalam air. Dalam video tampak asap dan gelembung udara keluar dari tabung gas. Hal ini diklaim pengunggah video @king8 bahwa seluruh gas mampu keluar dengan direndam air dan mencegah terjadinya ledakan.

Faktanya, perilaku meredam tabung gas yang bocor ke dalam air adalah salah. Merendam tabung gas dalam air, apalagi pada area tertutup seperti kamar mandi, akan membuat gas terjebak dan tidak dapat keluar. Sehingga penumpukannya dapat mengakibatkan ledakan yang lebih dahsyat.

Dilansir dari Kompas.com perisitwa ledakan akibat tabung gas direndam di dalam air pernah terjadi di Kabupaten Cirebon Oktober 2022 lalu. Peristiwa ini menyebabkan 16 sampai 20 warga mengalami luka bakar.

Merendam tabung gas dalam air tidak bertujuan untuk mencegah ledakan, namun untuk mendeteksi apakah ada kebocoran pada tabung gas. Jika terdeteksi ada gelembung udara yang keluar, maka segera bawa tabung gas ke tempat terbuka agar gas bisa terbuang dengan aman.

======

[REFERENSI]

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/17/095445578/elpiji-bocor-direndam-air-belasan-warga-cirebon-alami-luka-bakar-di-hajatan

https://news.detik.com/berita/d-3996153/jangan-direndam-ini-yang-harus-dilakukan-jika-tabung-gas-bocor

https://jabar.antaranews.com/berita/24485/masyarakat-diimbau-rendam-tabung-gas-antisipasi-kebocoran