[SALAH] Video Tepung Gorengan Dicampur dengan Narkoba

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video tepung gorengan dicampur dengan narkoba tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video saat Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus CLANDESTINE LABORATORY atau home industry pengolahan Cannabinoid di kawasan Sentul, Bogor.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://web.archive.org/web/20240525063433/http://web.archive.org/screenshot/https://www.facebook.com/share/v/cQAeSbnbNaZdZ3AT/?mibextid=w8EBqM

= = = = =

NARASI:
KENAPA PRODUKSI dan PENYEBARANnya ADA DI BOGOR (Kemarin di Gn.Putri, di Cibinong, Cisarua lalu di Cigombong..skrg di Sentul) ??!?!?!? Untuk Ibu² dan Orangtua, Waspada dan Hati² untuk yg suka beli gorengan, maupun tepung buat goreng makanan, Sekarang ada MODUS BARU, Gorengannya di Campur Bubuk Narkoba biar lebih Crispy dan Enak hingga nantinya ketagihan setelah ketagihan disitulah akan ada Gejala seperti demam dan megigil yg sangat dahsyat, jika tidak di belikan Gorengan yg biasa dikonsumsi, maka lebih menderita seperti org pesakitan, epilepsi/ayan dab bahkan lebih FATAL !!!…Pelakunya sdh di tangkap di Daerah Sentul – Bogor..WASPADALAH👌 !!”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Yulfa Mamy Nasywa memposting sebuah video berdurasi 1 menit 29 detik pada 23 Mei pukul 22.34. Dalam video tersebut nampak polisi sedang menangkap tersangka. Selain itu juga nampak beberapa bahan untuk membuat narkoba. Video tersebut diklaim merupakan proses produksi gorengan yang dicampur bubuk narkoba. Proses pencampuran tersebut menghasilkan gorengan lebih crispy dan enak Sehingga nantinya pembeli akan ketagihan. Postingan tersebut telah ditonton sebanyak 1,1 ribu.

Telusuri ditemukan video asli pada akun Instagram subdit3_ narkoba.pmj pada postingan 29 April 2024 ditemukan video yang identik dengan postingan Facebook. Video asli merupakan video saat Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus CLANDESTINE LABORATORY atau home industry pengolahan Cannabinoid di kawasan Sentul, Bogor. Proses penggerebekan kasus narkoba tersebut pada Minggu 28 April 2024.

“Tepung yang disebut mengandung narkoba, merupakan salah satu serbuk kimia yang menjadi bahan pembuatan Pinaca, yang merupakan bahan utama pembuatan tembakau sintetis,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi , melansir dari Antara.

Dengan demikian video tepung gorengan dicampur dengan narkoba tidak benar. Video tersebut merupakan video saat Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus CLANDESTINE LABORATORY atau home industry pengolahan Cannabinoid di kawasan Sentul, Bogor sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/C6VvyzqvESQ/
https://www.antaranews.com/berita/4118886/soal-tepung-gorengan-campur-narkoba-polisi-itu-berita-hoaks