[SALAH] Berkat Bantuan FIFA, Indonesia Masuk ke Olimpiade Paris

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Pada laman resminya, FIFA tidak menyebut bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang lolos kualifikasi Olimpiade cabang olahraga sepak bola putra.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://perma.cc/59XB-VDBS

= = =

Narasi:

“ALHAMDULILLAH BERKAT BANTUAN FIFA ~ INDONESIA SECARA RESMI TAMPIL DI PARIS DALAM LAGA BERGENGSI INI”

“FIFA Tepati Janjinya Sekarang Indonesia Masih Tampil di Paris. Alhamdulillah Indonesia Balik Lagi ke Paris. Panitia Olimpiade Ikut Peduli ke Indonesia FIFA Beberkan Hal Ini ke Panitia”

“Alhamdulillah dapat bantuan dari FIFA ditetapkan hari ini secara resmi Timnas Indonesia tampil di Paris tonton sampai akhir Agar kalian tidak salah paham mohon subscribe channel ini agar kalian dapat info terupdate seputar sepak bola terbaru hari ini pertandingan sepak bola antara Guinea dan Indonesia dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024 baru baru ini telah menimbulkan kontroversi besar pasalnya hasil pertandingan yang dimenangkan oleh Guinea dengan skor tipis 1-0 telah dipertanyakan oleh banyak pihak termasuk presiden FIFA Gian infantino alasan dibalik ketidakpuasan ini bukan semata-mata karena hasil akhirnya Tetapi lebih kepada keraguan akan keadilan dalam pertandingan tersebut banyak pihak berpendapat bahwa Indonesia telah menjadi korban dari keputusan wasit yang kontroversial dan tidak adil presiden FIFA giann infantino dengan cepat merespons kontroversi ini dengan menyatakan keinginannya agar panitia Olimpiade Paris mempertimbangkan ulang kelolosan Guinea ke ajang Olimpiade tersebut ini bukan hanya sebagai bentuk keadilan bagi tim Indonesia tetapi juga sebagai upaya untuk memastikan bahwa keputusan-keputusan dalam pertandingan sepak bola di tingkat Internasional tetap sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di YouTube yang menyebut bahwa Timnas Indonesia kembali ke Paris untuk mengikuti olimpiade karena mendapatkan bantuan dari FIFA. Disebutkan dalam video bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino meminta panitia Olimpiade Paris untuk mempertimbangkan Indonesia karena keputusan wasit pada pertandingan Play-off CAF-AFC tidak adil.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Pada laman resminya FIFA tidak menyebut bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam pertandingan di cabang olahraga sepak bola putra pada Olimpiade Paris 2024.

Dilansir dari Detik, Gianni Infantino pada melalui sosial media resminya menyebut bahwa Timnas Indonesia telah gagal masuk kualifikasi Olimpiade Paris. Ia juga berpesan untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendukung Timnas Indonesia dan menyebut bahwa mereka sudah bergerak ke arah yang lebih benar.

Dengan demikian, Indonesia lolos ke Paris karena bantuan FIFA adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.fifa.com/fifaplus/en/articles/mens-olympic-football-tournament-paris-2024-dates-stadiums-cities-qualifiers-qualified-teams-format

https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7333332/pesan-presiden-fifa-usai-indonesia-gagal-lolos-ke-olimpiade

= = =