[SALAH] Video Gunung Merapi yang Meletus

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut diambil saat gunung Sinabung meletus tahun 2018, bukan letusan gunung Merapi pada 2023.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://perma.cc/GU43-9YTC

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Gunung berapi Gunung Merapi meletus di Indonesia”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @theeuropean111 mengunggah video yang menunjukkan gunung berapi sedang meletus. Video tersebut diklaim sebagai Gunung Merapi yang sedang erupsi. Cuitan dan video itu diunggah pada 4 Desember 2023 lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut salah. Video yang sama persis pernah diunggah pada 19 Februari 2018 oleh @Sutopo_PN dengan keterangan “dahsyatnya letusan gunung Sinabung”. @Sutopo_PN juga menambahkan keterangan yang lebih lengkap mengenai tinggi kolom gunung yang berjumlah 5 km disertai luncuran awan panas hingga 4,9 km.

Pada 20 Februari 2018, kanal berita The Guardian kemudian menulis artikel mengenai erupsi Gunung Sinabung yang berjudul: “Indonesia issues volcanic ash flight warnings after Mount Sinabung erupts”.

Selain itu, video yang sama persis dan informasi yang serupa juga telah dibahas oleh turnbackhoax.id dan diberi judul “[SALAH] Video “gunung Merapi meletus di pulau Jawa”. Informasi tersebut diklaim sebagai konteks yang salah.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @theeuropean111 merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://twitter.com/Sutopo_PN/status/965534412786946048


https://www.theguardian.com/world/2018/feb/20/indonesia-flight-warnings-mount-sinabung-volcano-ash-cloud


https://turnbackhoax.id/2023/03/13/salah-video-gunung-merapi-meletus-di-pulau-jawa/