[SALAH] Video Surya Paloh Mencium Tangan Jokowi dengan Klaim Demi Jabatan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video Surya Paloh mencium tangan Jokowi dengan klaim demi jabatan tidak benar . Faktanya, video asli sudah ada sejak 2019 tidak ada kaitan dengan pemilu 2024. Moment Surya Paloh mencium tangan Jokowi terjadi saat perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem berlokasi di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://ghostarchive.org/archive/G0v9Z

= = = = =

NARASI:
“kayak pendukung 01 Jadi bantuin bayar hutang Abah nih . Usai kalah pemilu Anis akan ditinggalkan NASDEM dan PKB untuk bergabung dengan koalisi Prabowo, sampai kalau cium tangan Jokowi demi Jabatan.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tik Tok _bima8617 memposting video berdurasi 12 detik yang menampilkan Jokowi dan Surya Paloh. Pada video tersebut nampak Surya Paloh yang bersalaman lalu mencium tangan Presiden Joko Widodo. Terdapat juga narasi pada video sebagai berikut “kayak pendukung 01 Jadi bantuin bayar hutang Abah nih . Usai kalah pemilu Anis akan ditinggalkan NASDEM dan PKB untuk bergabung dengan koalisi Prabowo, sampai kalau cium tangan Jokowi demi Jabatan”.

Setelah ditelusuri ditemukan video asli pada kanal YouTube Sekretariat Presiden berjudul “Presiden Jokowi Menghadiri Perayaan HUT Partai Nasdem, Jakarta, 11 November 2019” yang diunggah pada 12 November 2019. Video Surya Paloh bersalaman dan mencium tangan Presiden Jokowi berada pada menit ke 6 dalam video tersebut. Menurut keterangan dalam unggahan tersebut lokasi bertemunya Jokowi dan Surya Paloh pada video tersebut adalah saat perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta. Acara tersebut Senin malam 11 November 2019, sedangkan pemilu berlangsung di tahun 2024. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024.

Dengan demikian video Surya Paloh mencium tangan Jokowi dengan klaim demi jabatan tidak benar . Video asli sudah ada sejak 2019 tidak ada kaitan dengan pemilu 2024. Moment Surya Paloh mencium tangan Jokowi terjadi saat perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem berlokasi di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=l9ziYJzSYAo
https://turnbackhoax.id/2024/03/14/salah-video-surya-paloh-mencium-tangan-jokowi-pengakuan-salah-dan-kalah/