[SALAH] Anies Baswedan Depresi Berbicara di Depan Lukisan Muhammad Hatta

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Klaim bahwa Anies Baswedan depresi berbicara di depan lukisan Muhammad Hatta tidak benar. Faktanya, juru bicara Timnas AMIN Muhammad Ramli Rahim, menegaskan bahwa Anies Baswedan tidak sedang depresi . Video tersebut merupakan video saat Anies berkunjung di rumah kelahiran Muhammad Hatta pada tahun 2023.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.
= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/9RwbK

= = = = =

NARASI:
“SKOR “87” UNTUK ANIES
Heboh di media sosial video Anies Baswedan Depresi berbicara sendiri di depan lukisan Mohammad Hatta (Bung Hatta).”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook John Wewe memposting sebuah video berdurasi 53 detik pada 26 Februari 2024 pukul 21.45. Dalam video tersebut terlihat Anis yang sedang berada di depan lukisan Muhammad Hatta. Pada caption postingan terdapat narasi bahwa Anies Baswedan sedang depresi.

Setelah ditelusuri ditemukan video asli pada Instagram resmi Anies Baswedan yang diunggah pada 3 November 2023. Pada caption postingan terdapat keterangan bahwa momen tersebut merupakan sebuah dialog imajiner dengan Bung Hatta. Lebih lanjut menurut penuturan Muhammad Ramli Rahim juru bicara Timnas AMIN mengatakan video tersebut diambil ketika Anies Baswedan sedang berkunjung ke rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat pada Kamis 2 November 2023. Ramli menegaskan bahwa Anies Baswedan tidak depresi usai pemilu 2024.

Dengan demikian klaim bahwa Anies Baswedan depresi berbicara di depan lukisan Muhammad Hatta tidak benar. Juru bicara Timnas AMIN Muhammad Ramli Rahim, menegaskan bahwa Anies Baswedan tidak sedang depresi . Video tersebut merupakan video saat Anies berkunjung di rumah kelahiran Muhammad Hatta, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/reel/CzLwcJuyzqh/?utm_source=ig_embed&ig_rid=d2186658-80bd-48eb-a30f-f00d677f4272
https://www.detik.com/sumut/berita/d-7211858/viral-anies-berbicara-di-depan-lukisan-bung-hatta-timnas-amin-bilang-begini
https://turnbackhoax.id/2024/03/05/salah-anies-baswedan-berbicara-dengan-lukisan-orang-tidur-yang-tidak-dikenal/
https://turnbackhoax.id/2024/02/24/salah-anies-curhat-dengan-lukisan-bung-hatta-usai-kalah-pilpres/