[SALAH] Video Kebakaran Konflik Antara Tentara Myanmar dengan Masyarakat Rakhine

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut sebenarnya menunjukkan kebakaran di Filipina pada Desember 2023, bukan konflik antara masyarakat Rakhine dengan Tatmadaw atau angkatan bersenjata Myanmar.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/HHV8-9ARV

= = =

Narasi:

“:woman::woman: Mereka menyerukan perang, mayoritas masyarakat Rakhine mendukungnya, mereka melawan Tatmadaw di Gunung Minpya Wheung, tentara mundur karena takut merugikan rakyat.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook menunjukkan kebakaran di antara rumah warga yang diklaim akibat dari konflik antara masyarakat Rakhine dengan Tatmadaw, angkatan bersenjata Myanmar pada Februari 2024.

Namun setelah ditelusuri faktanya video tersebut menggambarkan kejadian kebakaran di Kota Lapu-Lapu, Cebu, Filipina pada Desember 2023. Kebakaran bukan akibat dari konflik yang terjadi antara masyarakat Rakhine dengan angkatan bersenjata Myanmar pada Februari 2024.

Akun TikTok @mervinbanquil5 mengunggah rekaman dari insiden kebakaran tersebut pada 13 Desember 2023, atas kejadian tersebut diberitakan lebih dari seribu keluarga warga Lapu-Lapu kehilangan rumah akibat kebakaran.

Dengan demikian, video kebakaran akibat konflik di Myanmar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.rappler.com/nation/visayas/fire-lapu-lapu-city-cebu-december-12-2023/

= = =