[SALAH]: “Najwa Shihab Deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Najwa Shihab deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1703574533.733958/index.html

=====

[NARASI]: Jakarta bergetar !! Bareng komando Najwa Shihab,ojol dan buruh konvoi deklarasi anies presiden 2024

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube dengan nama pengguna GARUDA POLITIK mengunggah video dengan judul “Jakarta bergetar !! Bareng komando Najwa Shihab,ojol dan buruh konvoi deklarasi anies presiden 2024”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail pada video tersebut merupakan hasil rekayasa karena gambar Najwa Shihab dan Anies Baswedan terlihat tidak realistis.

Salah satu Klip pada  awal video identik dengan video milik CNN Indonesia dengan judul video “Driver Ojol Deklarasi Dukung Anies Baswedan”, video tersebut merupakan aksi relawan driver ojol for Anies atau DOA, menggelar deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan menjadi Presiden 2024 di pintu air Banjir Kanal Timur Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Berdasarkan penjekasan di atas klain tentang Najwa Shihab Deklarasi Anies Baswedan Presiden 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/pemilu/d-6801985/relawan-doa-deklarasi-dukung-anies-baswedan-presiden-2024
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-najwa-shihab-deklarasi-anies-baswedan-presiden-2024
https://www.youtube.com/watch?v=gsHJ0lFba3Q