[SALAH] ANIES AKAN BUBARKAN BUMN JIKA TERPILIH MENJADI PRESIDEN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya, melalui wawancara dengan media Anies Baswedan telah membantah isu terkait dirinya akan bubarkan BUMN. Anies justru akan mendorong kemajuan BUMN dengan nilai-nilai meritokratik dan asesmen kinerja yang baik.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1702657947.514854/index.html (Facebook)

=====

[NARASI]: Gimana ngga bilang GOBLOK sama pendukung Anies, masa dukung capres yang bakal bubarkan BUMN ?, kan DONGOK namanya !

=======

[PENJELASAN]:
Beredar narasi yang mengklaim bahwa Anies Baswedan akan membubarkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jika terpilih sebagai presiden. Narasi tersebut berasal dari akun facebook bernama Mursidi Fuad yang dibagikan ke dalam grub facebook INDONESIA BERSUARA.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan pemberitaan terkait Anies Baswedan menepis isu bahwa dirinya akan membubarkan BUMN. Anies menyebut dirinya justru akan mendorong kemajuan BUMN dengan nilai-nilai meritokratik dan asesmen kinerja yang baik.

Informasi tersebut dimuat pada salah satu video dari channel youtube resmi METRO TV berjudul “Anies Baswedan Tepis Isu Bakal Bubarkan BUMN” yang tayang pada 12 Desember 2023.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Anies akan membubarkan BUMN adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/15/145800782/-hoaks-anies-bakal-bubarkan-bumn-jika-terpilih-jadi-presiden#google_vignette