[SALAH] 5 Korban Ledakan Gas di Cibadak Sukabumi Lahir 27 November

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Humas RSUD Sekarwangi Ramdansyah mengatakan terdapat kesalahan sistem pecatatan tanggal lahir karena saat pertama masuk rumah sakit, tanggal lahir para korban belum teridentifikasi dengan baik.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/rTKts (Twitter)

=====

[NARASI]:

“1. Heni Handayani lahir 27 November 57 tahun lalu.
2. DN warga Bogor lahir tanggal 27 November 1981.
3. AA asal Bogor lahir 27 November 1995.
4. IS asal Purwakarta lahir 27 November 1997.
5. EH asal Nagrak Sukabumi kelahiran 27 November 1977.”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @txtdarisukabumi mengunggah cuitan dengan klaim lima korban ledakan tabung gas CNG (Compressed Natural Gas) saat diangkut truk di Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin, 27 November 2023.

Pada cuitan itu tercantum tanggal lahir korban, lima korban tertulis lahir 27 November dengan tahun berbeda. Selain itu, pemilik akun juga melampirkan tangkapan layar berita dari Sukabumi Headline dengan judul “5 Korban Ledakan CNG di Cibadak Sukabumi Lahir Hari yang Sama dengan Tanggal Kejadian.”

Narasi ini tersebar di media sosial dan memunculkan spekulasi bawah lima korban mengalami peristiwa mengerikan itu tepat pada hari ulang tahunnya.

Namun dikutip dari Sukabumi Update, Humas RSUD Sekarwangi Ramdansyah mengatakan terdapat kesalahan sistem pecatatan tanggal lahir karena saat pertama masuk rumah sakit, tanggal lahir para korban belum teridentifikasi dengan baik.

Pada saat korban dilarikan ke RSUD Sekarwangi, belum ada data tempat tanggal lahir dari masing-masing korban. Pihak RS kemudian menuliskan sesuai tanggal masuknya pasien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai kesamaan tanggal lahir korban ledakan gas di Sukabumi adalah informasi yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://sukabumiheadline.com/5-korban-ledakan-cng-di-cibadak-sukabumi-lahir-hari-yang-sama-dengan-tanggal-kejadian
– https://www.sukabumiupdate.com/cek-fakta/131487/cek-fakta-beredar-data-7-korban-ledakan-gas-di-cibadak-sukabumi-lahir-27-november