[SALAH] Gibran Minta Debat Capres Ditiadakan

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Gibran Rakabuming meminta ditiadakannya debat capres pada Pilpres 2024 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator dalam video hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1701069362.420148/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GIBRAN MINTA DEBAT CAPRES DI TIADAKAN ?”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube PILIHAN RAKYAT pada 26 November 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming, meminta Presiden Jokowi untuk memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna meniadakan debat capres pada kontestasi Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai permintaan Gibran untuk meniadakan debat capres seperti yang tertulis pada judul dan thumbnail. Selain itu, narator dalam video nyatanya juga hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

Pertama, artikel milik Fajar Network berjudul “Tak Usah Adu Gagasan, Septian Raharjo Sarankan Gibran Usul ke KPU untuk Adu Masalah Saja”. Dalam artikel disebutkan bahwa pegiat media sosial, Septian Raharjo, menyarankan Gibran untuk melakukan debat berupa adu membuat masalah, bukan adu gagasan. Selain itu, ia juga menilai bahwa Gibran memahami cara untuk merusak demokrasi.

Sumber: Fajar Network (fajar.co.id)

Kedua, artikel milik Detik Jateng berjudul “Effendi Gazali Bayangkan Gibran Debat Vs Mahfud-Cak Imin: Gak Bahaya Ta?”. Dalam artikel dijelaskan bahwa pakar komunikasi politik, Effendi Gazali, secara khusus mempertanyakan kesiapan debat Gibran untuk menghadapi cawapres lain, yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.

Sumber: Detik Jateng

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube PILIHAN RAKYAT merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jateng/berita/d-6999141/effendi-gazali-bayangkan-gibran-debat-vs-mahfud-cak-imin-gak-bahaya-ta
https://nasional.kompas.com/read/2019/10/10/15443851/bertemu-sby-jokowi-akui-bahas-peluang-demokrat-masuk-kabinet