[SALAH] POLISI DIINSTRUKSIKAN PASANG BALIHO PRABOWO-GIBRAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya Kabid Humas Polda Jatim Komber Pol Dirmanto tidak membenarkan terkait campur tangan pihak kepolisian dalam pemasangan baliho tersebut. Pihak kepolisian akan selalu konsisten dalam menjaga netralitas jelang Pemilu 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700409956.564211/index.html (Twitter)

=======

[NARASI]:
Polisi diinstruksi pasang BALIHO PRABOWO-GIBRAN

BAHAYA APARAT TAK NETRAL!

Polisi Diinstruksi Pasang….
Baliho Prabowo-Gibran di Seluruh Daerah Se-Indonesia!!!

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah gambar di media sosial twitter (X) dari akun pengguna bernama @KarmilaSar4560 yang menampilkan gambar pasangan Prabowo dan Gibran dengan imbuhan teks berbunyi aparat tidak netral, polisi diinstruksikan pasang baliho Prabowo-Gibran.

Melansir dari detik.com, Sufmi Dasco Ahmad selaku Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) menyampaikan terkait tuduhan keterlibatan anggota Polri dalam pemasangan baliho Prabowo dan Gibran tersebut tidak mungkin dilakukan lantaran elektabilitas Prabowo yang tinggi. Hal tersebut hanyalah tuduhan semata pihak tertentu.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan bahwa belum ada laporan pemasangan baliho Prabowo-Gibran oleh pihak kepolisian di Jawa Timur. Namun pihaknya sudah menelusuri informasi yang ada.

Dikutip dari kompas.com, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Dirmanto membantah adanya campur tangan pihak kepolisian dalam pemasangan baliho tersebut. Darmanto juga mengatakan bahwa pihak kepolisian akan selalu konsisten dalam menjaga netralisasi jelang Pemilu 2024.

Dengan demikian, klaim yang menyatakan bahwa polisi diinstruksikan pasang baliho Prabowo-Gibran adalah tidak benar dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/pemilu/d-7033016/tkn-pastikan-tuduhan-baliho-prabowo-gibran-dipasang-kepolisian-tak-benar

https://news.detik.com/pemilu/d-7032934/bawaslu-belum-ada-laporan-pemasangan-baliho-prabowo-gibran-oleh-kepolisian-di-jatim

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/11/11/polisi-bantah-terlibat-dalam-pemasangan-baliho-prabowo-gibran