[PENIPUAN] Giveaway Motor CRF dari Akun @ptastrahonda_motor

Hasil periksa fakta Panji

Tidak benar bahwa Honda Indonesia membuka giveaway motor CRF secara gratis bagi yang bisa memenangkan games tangkap gambar, unggahan yang mengatasnamakan Honda tersebut dapat dicurigai sebagai modus penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/l253O (arsip)

===========

[NARASI]: Sampai saat ini belum ada yang berhasil, yang bisa stop pas di angka 2, saya kasih honda CRF ini buat kamu

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok bernama @ptastrahonda_motor yang mengunggah video pada 2 Oktober 2024 berisi narasi bahwa mereka akan membagikan motor CRF secara gratis hanya dengan melalui games tangkap gambar. Video ini telah mendapatkan like sebanyak 871 dan telah disebarkan 313 kali.

Lalu pada bagian deskripsi akun, mereka mencantumkan sebuah link Whatsapp jika ada yang ingin mengambil hadiah motor tersebut. 

Namun, jika kita cek di Tiktok maka akun resmi dari PT Astra Honda Motor adalah @welovehonda. Dalam akun resmi Honda ini juga tidak ditemukan unggahan giveaway seperti yang disebarkan oleh akun tiruan tersebut. 

Melalui hal tersebut maka akun yang membuat konten giveaway mengatasnamakan PT Astra Honda Motor tersebut adalah akun tiruan yang harus diwaspadai sebagai modus penipuan online.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@welovehonda?lang=en