[SALAH] Giveaway Motor CRF dan Uang 40 Juta oleh PT Astra Honda

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Honda Indonesia memberikan hadiah motor CRF dan uang 40 juta di Tiktok, akun yang mengatasnamakan Honda tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/a1le1 (arsip)

===========

[NARASI]: “Khusus yang bisa Tangkap Name HONDA dengan pass, Akan Hints Rasth CP & 40

Juta Cash sekarang, Tanpa diundi.”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang bernama @pt.honda_berbagi telah mengunggah video yang berisi narasi bahwa mereka akan membagikan sebuah motor CRF dan uang 40 juta melalui games tangkap gambar

Namun, jika kita cek profil akun tersebut pada bio akunnya tertera sebuah link Whatsapp yang dapat dicurigai digunakan untuk melakukan penipuan online atau kejahatan cyber lainnya.

Akun Tiktok resmi dari PT Astra Honda Motor sendiri adalah @welovehonda dan di akun tersebut juga tidak disebutkan jika Honda sedang melakukan giveaway seperti dalam unggahan tersebut. Pada bagian deskripsi akun @welovehonda juga tidak mencantumkan sebuah link Whatsapp seperti yang dilakukan oleh akun tiruan tersebut.

Modus penipuan yang mengatasnamakan Honda seperti ini sebelumnya turnbackhoax.id juga sudah pernah menemukan, bahkan modus penipuan serupa juga mencatut nama perusahaan Yamaha dan Suzuki.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@welovehonda?lang=en