[SALAH] Potret Kakek Anies Baswedan Berdiri di antara Ir Soekarno dan Jenderal Soedirman

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Sosok dalam dokumentasi tersebut bukanlah kakek Anies Baswedan, melainkan anggota formulasi Indian Foreign Service—yang juga Duta Besar India—Muhammad Yunus Khan.

= = = = =

Kategori: Konten yang menyesatkan

= = = = =

Sumber: Facebook

https://archive.cob.web.id/archive/1726636889.677563/singlefile.html

= = = = =

Narasi:

“kakeknya Pak Anies Baswedan”

= = = = =

Penjelasan:

Akun Facebook “Ajie Petualang” pada Selasa (17/9/2024) mengunggah foto hitam putih, dinarasikan sebagai potret kakek Anies Baswedan yang berdiri di antara Ir Soekarno dan Jenderal Soedirman. Per Selasa (8/10/2024), konten itu telah disukai oleh sembilan akun. Meski impresinya minim, unggahan ini berpotensi menyebarkan kebencian lantaran disertai narasi “Orang tua mulyono yg mana dong?? 🤣🤣🤣”.

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) kemudian menelusuri foto tersebut lewat Google Lens. Hasilnya, ditemukan sejumlah artikel dari media kredibel—seperti Kompas.com, Antara, hingga Jawa Pos—yang telah meluruskan klaim ini.

Konten foto itu merupakan hoaks lama yang pada Agustus 2020 telah diungkap kebenarannya, termasuk oleh TurnBackHoax, dalam artikel “[SALAH] “Yang ada di antara Ir Soekarno dan Jenderal Soedirman Adalah Abdurrahman Baswedan Kakek dari Anies Baswedan”.

Sosok dalam dokumentasi tersebut bukanlah kakek Anies Baswedan, melainkan anggota formulasi Indian Foreign Service—yang juga Duta Besar India—Muhammad Yunus Khan. Ia bersama Ir Soekarno dan Jenderal Soedirman kala itu (Agustus 1948) sedang melakukan peninjauan ke Magelang, Jawa Tengah.

Jadi, foto yang diklaim sebagai potret “kakek Anies Baswedan bersama  Ir Soekarno dan Jenderal Soedirman” itu adalah konten yang menyesatkan.

Referensi: