[SALAH] “Orang yg berdiri diantara SOEKARNO dan Pangsar SOEDIRMAN itu KAKEK Anies Baswedan”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Pria yang berdiri di antara Soekarno dan Pangsar Soedirman adalah Mohammad Yunus Khan, mantan anggota Indian Foreign Service dan duta besar India pada 1948, bukan kakek dari Anies Baswedan.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/2ZaZL

=====

Narasi:
“Mencari pasangan hidup saja kita harus tahu BEBET, BIBIT, dan BOBOT apalagi memilih calon PEMIMPIN NEGARA BESAR seperti INDONESIA”.

Orang yang berdiri diantara SOEKARNO dan Pangsar SOEDIRMAN itu KAKEK @aniesbaswedan”.
COBA TUNJUKKAN MANA MOYANGMU”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @yashudha_naka mengunggah foto yang memperlihatkan mantan presiden Soekarno, Pangsar Soedirman, dan seorang lelaki sedang berdiri berdampingan. Lelaki yang berdiri di tengah tersebut diklaim oleh @yashudha_naka sebagai kakek dari Anies Baswedan.

Cuitan dan foto yang diunggah pada 11 Desember lalu tersebut telah disukai oleh lebih dari 2,512 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang oleh hampir 800 orang.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Reverse Image Search, terlihat hasil yang menunjukkan banyaknya artikel yang menggunakan gambar serupa, dan semua artikel tersebut menyebutkan bahwa lelaki yang berdiri di antara mantan presiden Soekarno dan Pangsar Soedirman adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service dan duta besar India untuk Indonesia pada tahun 1948.

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] “Yang ada DI Antara Ir Soekarno Dan Jendral Soedirman Adalah Abdurrahman Baswedan Kakek dari Anies Baswedan” dan dikategorikan sebagai konteks yang salah.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @yashudha_naka merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://archive.ph/r4eEK


https://turnbackhoax.id/2020/08/04/salah-yang-ada-di-antara-ir-soekarno-dan-jendral-soedirman-adalah-abdurrahman-baswedan-kakek-dari-anies-baswedan/