[PENIPUAN] PT Honda Motor Indonesia Berbagi 50 Motor Gratis di Tiktok

Hasil periksa fakta Panji

Tidak benar bahwa Honda Indonesia membuka giveaway 50 motor secara gratis bagi yang bisa memenangkan games tangkap gambar, akun yang mengatasnamakan Honda tersebut dapat dicurigai sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/l253O (arsip)

===========

[NARASI]: PT ASTRA HONDA tbk mengeluarkan 50 unit sepeda motor untuk di bagikan Yang bisa tangkap gambar motor di atas dengan tepat kami kirim 1 unit perorang 

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang bernama @pt_honda_indonesia0 mengunggah video yang berisi narasi bahwa mereka menyiapkan 50 unit motor untuk dibagikan secara gratis melalui games tangkap gambar.

Lalu pada bagian kolom komentar, akun tersebut mencantumkan sebuah nomor Whatsapp jika ingin mengambil hadiah motor tersebut. 

Namun, jika kita cek di Tiktok maka akun resmi dari PT Astra Honda Motor adalah @welovehonda. Dalam akun resmi Honda ini juga tidak ditemukan unggahan giveaway seperti yang disebarkan oleh akun tiruan tersebut. 

Sebelumnya modus penipuan yang mengatasnamakan Honda seperti ini juga sudah beberapa kali dibahas di turnbackhoax.id, bahkan juga mencatut nama perusahaan motor lainnya seperti Yamaha dan Suzuki.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@welovehonda?lang=en