[SALAH]: WHO siapkan pandemi berikutnya

Hasil periksa fakta Raka

[FAKTANYA]: Klaim yang menyebut Disease X adalah bocoran pandemi berikutnya yang disiapkan oleh WHO adalah keliru. Penyakit X bukanlah patogen yang baru teridentifikasi, melainkan merupakan pelabelan sementara (placeholder) untuk patogen pandemi yang belum diketahui atau belum dikarakterisasi. WHO menggunakan istilah ini untuk mendorong pemikiran proaktif dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah pencegahan terhadap patogen yang mungkin muncul di masa depan, bukan sebagai rencana atau bocoran pandemi yang disengaja.

======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

======

[SUMBER]: https://perma.cc/N872-7LMG

=======

[NARASI]: LAWAN PLANDEMIC WHO!!!

=======

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video dengan klaim bahwa WHO menyiapkan pandemi berikutnya, namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Potongan video tersebut diambil dari kanal YouTube RRNewlitics yang diunggah pada 29 Februari 2024. Video ini berisi wawancara dengan Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K), mantan Menteri Kesehatan periode 2004-2009, di mana ia membahas pandemi Covid-19 dan kasus flu burung.

Dilansir dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amesh Adalja, MD, peneliti di Johns Hopkins Center for Health Security, menjelaskan bahwa Penyakit X adalah konsep pelabelan sementara untuk patogen pandemi yang belum diketahui atau belum dikarakterisasi. Konsep ini bertujuan mendorong pemikiran proaktif mengenai patogen yang dapat menyebabkan pandemi, alih-alih hanya berfokus pada patogen yang telah dikenal seperti influenza.

Sejak 2018, WHO telah memasukkan Penyakit X dalam daftar potensi epidemi masa depan, bersama dengan virus-virus seperti Ebola, Marburg, dan Zika. Marie-Paule Kieny, mantan Asisten Direktur Jenderal WHO, menjelaskan bahwa Penyakit X mewakili kesadaran akan kemungkinan epidemi yang disebabkan oleh patogen yang belum dikenal.

Dalam konteks tersebut, John-Arne Rottingen, Kepala Eksekutif Dewan Riset Norwegia dan penasihat ilmiah WHO, menambahkan bahwa memasukkan Penyakit X ke dalam daftar WHO adalah upaya untuk memastikan persiapan fleksibel dalam pengembangan vaksin dan tes diagnostik. Hal ini juga menggambarkan ketidakpastian sifat penyakit menular, yang bisa muncul secara tak terduga, seperti halnya flu Spanyol pada 1918-1920 yang menewaskan jutaan orang. Sehingga klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]: https://youtu.be/-A6K-Z83U5Q?si=j8uGJ0WRHdhbcTst

[SALAH] Disease X Bocoran Pandemi Berikutnya yang Disiapkan oleh WHO 

https://publichealth.jhu.edu/2024/what-is-disease-x#:~:text=Disease%20X%20is%20a%20placeholder,that%20could%20cause%20a%20pandemic.