[SALAH] Disease X Bocoran Pandemi Berikutnya yang Disiapkan oleh WHO 

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim yang mengatakan Disease X adalah bocoran pandemi berikutnya adalah tidak benar. Faktanya Penyakit X bukanlah patogen yang baru teridentifikasi, melainkan apa sebagai “yang belum diketahui”.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/archive/NGIz6  (arsip)

===========

[NARASI]: “LAWAN PLANDEMIC WHO !!!

SITI FADILAH BUKA SUARA KONTROVERSI FLU BURUNG & DISEASE X

Pandemi Covid-19 sudah lama berlalu. Walau virus ini sudah terjadi selama 2 tahun lebih, nampaknya Covid-19 masih menyisakan banyak pertanyaan bagi masyarakat luas. Dr.dr.Siti Fadilah Supari,Sp.JP(K) angkat suara

Beliau merasa terdapat konspirasi dengan pandemi Covid-19 ini. Ngobrol soal pandemi ini, beliau pun menceritakan saat flu burung muncul ke publik dan bocoran soal Disease X”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar unggahan di media sosial Instagram yang berisi video dengan narasi Disease X adalah bocoran pandemi berikutnya.

Namun setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut identik dengan video dari kanal YouTube RRNewlitics yang diunggah pada 29 Februari 2024. Video ini berisi wawancara dengan Dr.dr.Siti Fadilah Supari,Sp.JP(K), mantan menteri kesehatan periode 2004-2009. Dalam video tersebut Siti Fadilah Supari bercerita tentang pandemi Covid-19 dan juga kasus flu burung. 

Dilansir Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amesh Adalja, MD, peneliti  Johns Hopkins Center for Health Security, Penyakit X adalah konsep pelabelan sementara (placeholder) yang mengacu pada patogen pandemi yang belum dikarakterisasi atau belum diketahui. Tujuan pelabelan sementara ini untuk mendorong pemikiran proaktif tentang patogen yang dapat menyebabkan pandemi. Ini merupakan cara untuk mendorong pemikiran masyarakat agar tidak terpaku pada daftar patogen pandemi sebelumnya seperti influenza. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Disease X adalah bocoran pandemi berikutnya adalah tidak benar. Faktanya Penyakit X bukanlah patogen yang baru teridentifikasi, melainkan apa sebagai “yang belum diketahui”. Atau pelabelan sementara (placeholder) patogen pandemi yang belum dikarakterisasi atau belum diketahui agar ada tindakan proaktif untuk mencegah.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=-A6K-Z83U5Q&list=PLb4JuCXGVAltuoOgKOetGoPfC__PCF0B1

https://publichealth.jhu.edu/2024/what-is-disease-x#:~:text=Disease%20X%20is%20a%20placeholder,that%20could%20cause%20a%20pandemic.