[PENIPUAN] Inul Daratista Berikan Uang 50 Juta Bagi Pemilik Rekening Bank Tertentu

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar unggahan yang mengatasnamakan Inul berbagi uang hingga 50 juta. Akun yang mengunggah video tersebut bukanlah akun asli milik Inul Daratista. Akun Facebook yang asli milik Inul bernama @Inul Daratista. Diakun aslinya tidak ditemukan unggahan di atas.

====
[KATEGORI] Konten Tiruan

====
[SUMBER] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1726197311.33991/index.html

====
[NARASI]
yang bunda sebutin rekeningnya bunda transfer 50 juta

BRI, BCA, BNI, BJB, BTN, Mandiri

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Facebook mengatakan bahwa Inul Daratista akan membagikan uang hingga 50 juta bagi yang memiliki akun rekening bank tertentu. Video ini diunggah oleh akun Facebook bernama @Bundah Inul pada 6 September 2024 dan telah mendapat komentar 158 dari para pengguna.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata pernyataan di atas tidaklah benar. Akun Facebook yang mengunggah video bagi-bagi uang di atas bukanlah akun asli milik Inul Daratista. Pemeriksa fakta menemukan akun Facebook asli milik Inul bernama @Inul Daratista. Selain itu, di akun Facebook Inul tidak ditemukan postingan di atas.

Klaim seperti ini sering ditemukan dan dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh pemeriksa fakta Mafindo sebelumnya. Dengan demikian, unggahan yang mengatasnamakan Inul Daratista membagikan uang 50 juta untuk pemilik rekening tertentu tidaklah benar dan masyarakat diharapkan berhati-hati dengan konten serupa.

====
[REFERENSI]

https://www.facebook.com/inuldaratista