[SALAH] Video Anies Berbicara Sendiri dengan Video Surya Paloh yang Mengkonfirmasi Batalnya Usungan NasDem di Pilgub Jakarta

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video tersebut merupakan hasil manipulasi yang digunakan untuk tujuan satire atau lelucon. Video asli menunjukkan Anies Baswedan sedang berdialog imajiner dengan lukisan Bung Hatta, video tersebut diambil pada 2 November 2023 di Bukit Tinggi.

= = =

Kategori: Satire/Parodi

= = =

Sumber: Twitter

https://bit.ly/4cwR3X2

Arsip video: https://bit.ly/4dnQ78O

= = =

Narasi:

“#AMINAjaDulu”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan Anies Baswedan seperti sedang berbicara dan menanggapi pernyataan konfirmasi dari Surya Paloh terkait batalnya usungan dari Partai NasDem kepada Anies Baswedan di pemilihan gubernur Jakarta.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan hasil manipulasi dari video Anies Baswedan saat dirinya berada di Bukit Tinggi sedang berdialog imajiner dengan lukisan Bung Hatta, video tersebut diambil pada 2 November 2023 di Rumah Kelahiran Bung Hatta. Namun video manipulasi ini bertujuan untuk satire atau lelucon saja.

Video yang mirip sebelumnya pernah dibantah oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id, disebutkan dalam dialog imajinernya dengan lukisan Bung Hatta, Anies membahas mengenai keadilan dan kesejahteraan serta kondisi negeri pada saat ini. Anies sempat mengunggah video tersebut di laman Instagram pribadinya sebelum akhirnya dihapus.

Dengan demikian, video Anies berbicara sendiri dengan video konfirmasi Surya Paloh adalah tidak benar dengan kategori Satire/Parodi.

= = =

Referensi:

= = =