[SALAH] “Jokowi dan Prabowo Itu Sama-sama Etnis Cina Hongkong, Ganjar Juga Keturunan Belanda”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kakek Jokowi dari jalur ayah adalah Lamidi Wiryo Mihajo yang merupakan Kepala Desa Kragan, Kabupaten Karanganyar. Sedangkan ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan anak sulung dari keluarga ningrat Jawa, Raden Mas Margono Djojohadikusumo. Serta Ganjar diketahui memiliki kakek buyut yang berasal dari Desa Kroyo Kulon, Kecamatan Kemiri. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4crDwjK

= = =

Narasi:

“*SIAPA BILANG PRABOWO ITU PRIBUMI ASLI…PRABOWO ITU ETNIS CINA ASLI…:exclamation:AYAHNYA BELI GELAR RADEN … AYAH DAN IBU PRABOWO ADALAH ETNIS CINA ASLI… VIRALKAN KE SELURUH INDONESIA BIAR PRIBUMI INDONESIA TAU BAHWA JOKOWI DAN PRABOWO ITU SAMA – SAMA ETNIS CINA HONGKONG , HITAM KULITNYA. :pray::cold_sweat: KE 3 CALON PRESIDEN TIDAK ADA YANG PRIBUMI ASLI … GANJAR JUGA KETURUNAN BELANDA.* :face_with_peeking_eye: TAPI UMMAT ISLAM HARUS PILIH CAPRES YANG BERIMAN & CUCU PEJUANG Kemerdekaan.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi dari akun Facebook bernama Abdul Hamed pada 1 Agustus 2024 yang menyebut bahwa Jokowi dan Prabowo merupakan keturunan Cina Hongkong, sedangkan Ganjar merupakan keturunan Belanda.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Menelusuri garis keluarga Jokowi, dari jalur ayah kakek Jokowi bernama Lamidi Wiryo Mihajo yang merupakan Kepala Desa Kragan, Kabupaten Karanganyar pada tahun 1950-an hingga periode orde baru pada pertengahan 1980-an.

Pada masa pemerintahan orde baru, warga Tionghoa mengalami diskriminasi dan pembatasan sosial sehingga tidak mungkin kakek Jokowi bisa menjabat sebagai kepala desa jika memiliki keturunan Tionghoa atau Cina.

Pemeriksa Fakta Mafindo dalam laporannya pada turnbackhoax.id juga sudah pernah membantah klaim Prabowo merupakan keturunan Cina, dan Ganjar adalah keturunan Belanda.

Dalam laporannya disebutkan bahwa ayah dari Prabowo adalah Soemitro Djojohadikoesoemo, seorang ekonom yang paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia yang lahir di Kebumen. Soemitro merupakan keturunan keluarga ningrat Jawa, Raden Mas Margono Djojohadikusumo.

Selain itu, Ganjar juga pernah membantah bahwa dirinya adalah keturunan Belanda. Mengutip dari turnbackhoax.id, Ganjar memiliki kakek buyut yang berasal dari Desa Kroyo Kulon, Kecamatan Kemiri, kakek buyut Ganjar ini diisukan merupakan cucu dari Kanjeng Raden Tumenggung Mandoyo Nagoro yang memiliki satu turunan dengan Sunan Kalijaga.

Dengan demikian, Jokowi dan Prabowo merupakan keturunan Cina serta Ganjar merupakan keturunan Belanda adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-3398259/foto-foto-notomiharjo-ayah-jokowi-yang-sempat-jadi-perbincangan

https://tirto.id/sejarah-keluarga-jokowi-dari-lurah-pedagang-hingga-politikus-eytq

https://www.voaindonesia.com/a/semakin-banyak-warga-tionghoa-di-tanah-air-yang-meraih-jabatan-politik/7612830.html

= = =