[SALAH] Ganjar Pranowo Keturunan Belanda

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya informasi tersebut telah dibantah oleh Ganjar Pranowo. Berdasarkan garis keturunan yang ditemukan, tidak ada garis keturunan asing yang dimiliki oleh Ganjar.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/ Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.fo/N5fby

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3802882896606149/

=====

[NARASI]:

โ€œPILIH PRIBUMI ATAU ORANG ASING???

KETURUNAN BELANDA PENJAJAHโ€

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook, tentang sebuah klaim yang menyatakan bahwa calon presiden, Ganjar Pranowo, merupakan seseorang dengan garis keturunan Belanda. Klaim ini diunggah beserta dengan gambar Ganjar Pranowo yang berkulit putih dan berambut sedikit keputihan. Isu mengenai garis keturunan asing milik Ganjar Pranowo berhasil menarik perhatian dari banyak pengguna Facebook. Hal ini dibuktikan dengan unggahan yang sudah dibagikan sebanyak lebih dari seribu kali dan mendapatkan lebih dari 100 ribu komentar. Namun apakah benar Ganjar Pranowo merupakan seorang dengan keturunan Belanda?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan klaim yang beredar, ditemui berbagai ulasan yang menyatakan bahwa isu tentang Ganjar Pranowo merupakan seseorang dengan keturunan asing Belanda adalah sebuah informasi yang keliru. Mengambil ulasan dari artikel cirebonnetwork.com, Ganjar Pranowo diketahui memiliki kakek buyut yang berasal dari Desa Kroyo Kulon di Kecamatan Kemiri. Memiliki nama Danu Wiyono, mendiang kakek buyut Ganjar Pranowo ini diisukan merupakan cucu dari Kanjeng Raden Tumenggung Mandoyo Nagoro, yang selanjutnya memiliki putera bernama Raden Mas Abdullah yang mana mereka memikili satu keturunan dengan Sunan Kalijaga.

Isu tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya, namun yang dapat diketahui pasti adalah bahwa kakek buyut dari Ganjar Pranowo memiliki anak (kakek Ganjar) yang bernama Mangku Wirono. Mangku Wirono kemudian memiliki anak, salah satunya adalah Sungkowo Pramuji Wiryo (ayah Ganjar) yang kemudian menikah dengan Sri Suparni (ibu Ganjar) dan melahirkan enak orang anak, yang mana salah satunya ialah Ganjar Pranowo.

Klaim isu tentang Ganjar Pranowo yang merupakan seseorang berketurunan Belanda kemudian dibantah oleh Ganjar melalui akun Youtube miliknya, saat dirinya berkunjung ke rumah salah satu presenter terkenal Indonesia, Andy F. Noya. Di dalam video tersebut Andy menanyakan perihal isu tentang Ganjar yang merupakan keturunan asing, yang kemudian langsung dibantah dengan ringan oleh Ganjar.

“(Orangtua dari-red) Kutoarjo, enggak bule dong ya,” ujar Ganjar.

“Bapak polisi, ibu pekerjaannya paling luar biasa, semua dikerjakan.”

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Ganjar Pranowo merupakan seseorang dengan garis keturunan Belanda atau asing, merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan atau misleading content.

=====

[REFERENSI]:

https://www.portalsalatiga.com/jawa-tengah/pr-6017389377/kulit-bersih-dan-rambut-putih-ganjar-pranowo-ternyata-berdarah-indo-cek-fakta-terbaru-senin-6-februari-2023

https://www.cirebonnetwork.com/news/6997868176/silsilah-leluhur-ganjar-pranowo-terlahir-bukan-dari-keturunan-orang-biasa