[BELUM TERBUKTI] Air Kelapa Dapat Membersihkan Lendir di Paru-Paru

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti medis mengenai air kelapa yang dapat membersihkan lendir di paru-paru.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/air-kelapa-muda-menyembuhkan-lendir-paru-paru.pdf

=====

Narasi:
“Bismillah
Yuk ikhtiar bersihkan lendir paru paru dan racun dalam tubuh dengan air kelapa ini
simak videonya sampai selesai ya”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook bernama Resep detok JSR dr. Zaidul akbar mengunggah video yang mengklaim bahwa air kelapa dapat membersihkan lendir di paru-paru dan racun dalam tubuh. Akun Facebook tersebut juga mengimbau pemirsanya untuk menonton video itu sampai selesai. Postingan dan video tersebut diunggah pada 22 Januari 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. dr. Zaidul akbar beberapa kali pernah membahas mengenai manfaat air kelapa di YouTube pribadinya, salah satunya ada di video yang berjudul “Apakah Air Kelapa Baik Diminum Setiap Saat? – dr. Zaidul Akbar Official” dan “Salah Satu Keajaiban Air Kelapa – dr. Zaidul Akbar Official”. Namun, dari kedua video tersebut, tidak ada satupun yang menyebutkan air kelapa baik dikonsumsi untuk membersihkan lendir paru-paru.

Informasi serupa yang menggunakan video yang sama persis pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] VIDEO “KELAPA BAKAR DAPAT SEMBUHKAN PEROKOK BERAT” pada Mei 2023 lalu, dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan. Melansir dari artikel tersebut, ada beberapa cara untuk membersihkan parup-paru dari lendir, salah satunya dengan terapi uap, terapi perkusi dada dan mengonsumsi teh hijau, bukan dengan kandungan yang ada di buah kelapa.

Informasi ini juga telah ada di laman resmi Alodokter, dari dr. Budino yang menjawab pertanyaan dari salah satu pasien mengenai klaim air kelapa yang dapat membersihkan paru-paru. Dr. Budino menjelaskan bahwa sejauh ini, tidak terdapat penelitian yang menunjukkan makanan atau minuman tertentu yang dapat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru.  Selain itu, dr. Budino juga menyarankan untuk pasien yang memiliki kondisi medis terkait gangguan paru-paru untuk tidak melakukan pengobatan alternatif, melainkan untuk selalu periksa ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan medis yang sesuai.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook “Resep detok JSR dr. Zaidul akbar” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=6V55rn1rF6Q


https://www.youtube.com/watch?v=XdxDsmW6wBg


https://turnbackhoax.id/2023/05/28/salah-video-kelapa-bakar-dapat-sembuhkan-perokok-berat/


https://www.alodokter.com/komunitas/topic/manfaat-air-kelapa