[SALAH] VIDEO “KELAPA BAKAR DAPAT SEMBUHKAN PEROKOK BERAT”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, klaim menyembuhkan perokok berat dengan menggunakan air kelapa muda hijau dengan cara dibakar tidak benar. Dalam dunia kedokteran cara tersebut tidak direkomendasikan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1684991917.627327/singlefile.html

=====

[NASATSI]: Perokok berat wajib coba resep herbal ini #resepherbal #obatherbalalami

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun facebook dengan nama pengguna “Obat Herbal mengunggah sebuah video dengan narasi air kelapa bakar dapat bantu obati penyakit bagi perokok berat.

Setelah melakukan penelusuran, klaim menyembuhkan perokok berat dengan menggunakan air kelapa muda hijau dengan cara dibakar tidak benar. Dalam dunia kedokteran cara tersebut tidak direkomendasikan.

Menurut Ade Rahmaini, M.Ked (Paru), Sp.P, dokter Spesialis Paru di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, mengatakan klaim tersebut keliru dan tidak disarankan dalam pengobatan medis. Dia menjelaskan perokok berat yang terpapar asap, berisiko memiliki kanker penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Ada beberapa cara untuk membersihkan paru-paru dari lendir dan iritasi karena rokok dan polusi dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti terapi uap, mengonsumsi teh hijau, terapi perkusi dada dan makan makanan anti inflamasi.

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa air kelapa bakar dapat bantu obati penyakit bagi perokok berat adalah salah dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2288/keliru-video-berisi-klaim-air-kelapa-yang-dibakar-dapat-sembuhkan-perokok-berat
https://www.kominfo.go.id/content/detail/22979/disinformasi-air-kelapa-bisa-membersihkan-paru-paru/0/laporan_isu_hoaks