[PENIPUAN] Jusuf Hamka Buka Kuis Berhadiah untuk Memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-79

Hasil periksa fakta Panji

Tidak benar bahwa akun Facebook tersebut milik Jusuf Hamka karena melalui Instagram resminya ia telah membuat klarifikasi jika dirinya tidak pernah membuat giveaway apapun di sosial media.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/TL1zu (arsip)

===========

[NARASI]:  Menjelang hari kemerdekaan Siapa saja yang bisa menyusun kata di atas dengan tepat bapak transfer 50 juta sekarang juga

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar unggahan di Facebook mengenai giveaway uang 50 juta rupiah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, unggahan ini dibagikan oleh akun yang mengatasnamakan, Jusuf Hamka. Pada bagian kolom komentar akun ini juga menyertakan sebuah link Whatsapp bagi yang ingin mengambil hadiah giveaway.

Sebelumnya klaim serupa mengenai giveaway yang mengatasnamakan Jusuf Hamka juga sudah beberapa kali dibahas di turnbackhoax.id. Melalui akun Instagram resmi Jusuf Hamka (@jusufhamka), ia pernah mengunggah sebuah video klarifikasi jika dirinya tidak pernah mengunggah giveaway apapun di media sosial.

Melalui klarifikasi tersebut, ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan yang dilakukan oleh akun-akun media sosial yang mengatasnamakan dirinya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/reel/CqcanfbgAXC