[SALAH] Jusuf Hamka Bagikan THR Lebaran 2024 di Tiktok

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Jusuf Hamka membagikan uang THR di Tiktok, akun yang mengatasnamakan Jusuf Hamka tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/WFngv (arsip)

===========

[NARASI]: “THR ONLENE apakah kalian sudah dapet THR jawab jujur”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada tanggal 11 April 2024 yang lalu ditemukan sebuah unggahan di Tiktok yang mengatasnamakan seorang pengusaha ternama, Jusuf Hamka, membagikan sebuah unggahan bahwa ia akan membagikan THR secara online.

Lalu jika kita cek pada bio akun @_jusufhamkaofficial3 ini, ditemukan sebuah pencantuman link Whatsapp yang dapat dicurigai menjadi media melakukan penipuan online.

Melalui akun Instagram resmi Jusuf Hamka (@jusufhamka), ia membuat sebuah unggahan pada 31 Maret 2023, di sana dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka hanya ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Pada unggahan Instagramnya, ia juga memperingatkan warganet untuk berhati-hati terhadap penipuan oleh akun sosial media yang mengatasnamakan dirinya. Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah menerbitkan artikel serupa dengan klaim Jusuf Hamka bagikan uang 47 juta. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/reel/CqcanfbgAXC/