[PENIPUAN] Video Tiktok Dedi Mulyadi Berjanji Berikan Uang untuk Membantu Keuangan Follower

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan hasil penelusuran, akun ini adalah akun tiruan yang memanipulasi video dengan bantuan AI untuk merubah suara asli Dedi Mulyadi seakan ia sedang berbicara mengenai pemberian bantuan uang.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/uGnSK 

===========

[NARASI]:

ini resmi bukan hoax!!!

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah video di Tiktok yang memperlihatkan anggota DPR dan Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, berbicara jika dirinya akan memberikan uang untuk meringankan beban ekonomi follower Tiktoknya.

Namun jika dicari di Tiktok maka akun tersebut bukan merupakan akun asli Dedi Mulyadi, akun Tiktok asli Dedi Mulyadi adalah @dedimulyadiofficial. Akun Dedi yang asli sudah memiliki verifikasi centang biru, di akun ini juga tidak ada unggahan mengenai janji pemberian uang apapun.

Saat dilakukan pencarian di akun Tiktok resminya, ditemukan hasil temuan jika video yang digunakan oleh akun tiruan tersebut identik dengan video yang telah diunggah Dedi di akun resminya pada 1 Maret 2024 yang lalu.

Faktanya dalam video aslinya ini, Dedi Mulyadi hanya memberikan respon terkait isu kenaikan harga beras yang terjadi belakangan waktu. Tidak ada pernyataan dari Dedi jika dirinya menjanjikan follower Tiktoknya uang untuk membantu beban ekonomi mereka.

Berdasarkan dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan jika akun ini adalah akun tiruan yang memanipulasi video dengan bantuan AI untuk merubah suara asli Dedi Mulyadi seakan ia sedang berbicara mengenai pemberian bantuan uang.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tiktok.com/@dedimulyadiofficial/video/7341222081671040262