[SALAH] Gibran Jadi Ulama Dan Dapat Gelar Gus

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar pernyataan yang menyebutkan bahwa Gibran sudah menjadi ulama. Video yang memperlihatkan Gibran memakai sorban bersama pemuka agama ditemukan di Youtube KompasTV dalam rangka silaturahmi sekaligus safari politik di Sumatera Utara. Dalam kegiatan ini tidak ada pemberian gelar Gus maupun Kyai pada Gibran.

====
[KATEGORI] Konten yang menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722854858.10505/index.html

====
[NARASI]
Ulamak baru siap” di undang

====
[PENJELASAN]
Beredar di Facebook video yang memperlihatkan Gibran Rakabuming Raka memakai sorban. Dalam video ini, tertulis pernyataan bahwa sekarang Gibran sudah menjadi ulama dan diberi gelar Gus atau Kyai. Video ini diunggah oleh akun Facebook bernama @M Alfarizi Alfarizi pada 2 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta menelusuri pernyataan tersebut di internet dan hasilnya mengarah pada video di kanal Youtube KompasTV yang diunggah pada 21 November 2023. Dalam video ini dijelaskan bahwa Gibran sedang bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Kautsar Medan dalam rangka safari politik. Klaim ini sebelumnya pernah dibahas oleh pemeriksa fakta Mafindo.
Dilansir dari penjelasan pemeriksa fakta sebelumnya atau di laman http://turnbackhoax.id, dalam kunjungan ke Pondok Pesantren Al Kautsar, Gibran bertemu dengan pengurus pondok pesantren dan disambut dengan pakaian sejenis sarung syal, kain ulos warna merah serta tongkat yang diberi langsung oleh pengasuh pondok sebagai bentuk doa.

Dari penelusuran yang dilakukan juga tidak ditemukan adanya prosesi pemberian gelar Gus atau Kyai pada Gibran. Dengan demikian tidak benar pernyataan bahwa Gibran sudah menjadi ulama dan diberi gelar Gus.

====
[REFERENSI]
https://youtu.be/vLUIJAcb67w?si=K7XU3blBSrog8JCl