[SALAH] Gambar Gibran diberi gelar Gus oleh Kyai

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah.

Gambar Gibran diberi gelar Gus tidak benar. Faktanya, gambar tersebut merupakan Gibran yang saat itu menjadi cawapres melakukan kunjungan di pesantren Al Kautsar Al Akbar Binjai, Medan kota Medan, Sumatera Utara pada minggu 19 November 2023. Kain ulos dan tongkat yang diberikan oleh Syekh Ali Akbar merupakan simbol kepemimpinan.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://web.archive.org/web/20240414061200/https://www.facebook.com/groups/628234268191282/permalink/1149383732742997/?mibextid=xfxF2i&rdid=pPYM7G6jKQl9QJg9&_rdc=1&_rdr

= = = = =

NARASI:
“Zaman ini zaman edan,dan kyai juga ikutan edan,lha wong Gibran blm tentu bisa ngaji,malah diberi gelar Gus,atau ulama,awas jgn ikutan gila ya”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Zay Lani sebuah gambar Gibran sedang menggunakan sebuah kain berwarna merah. Di samping Gibran terdapat dua orang yang memakaikan kain tersebut. Postingan tersebut diberi caption yang mengklaim Gibran diberi gelar Gus atau ulama. Postingan tersebut diunggah pada 7 April 2024 pukul 13.15.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Gibran diberi kain oleh ulama” ditemukan artikel tribunnews.com berjudul “Gibran Silaturahmi ke Pesantren di Medan, Dapat Tongkat Kepemimpinan dari Ulama” 19 November 2023 pukul 13.42 WIB. Pada artikel tersebut ditemukan informasi bahwa Gibran yang saat itu menjadi Cawapres menghadiri silaturahmi di pesantren Al Kautsar Al Akbar Binjai, Medan kota Medan, Sumatera Utara pada minggu 19 November 2023.

Kain yang dikalungkan di leher merupakan kain ulos Medan yang berwarna merah. Bukan hanya kain ulos Gibran juga diberi tongkat oleh Syekh Ali Akbar. Kain ulos dan tongkat tersebut merupakan kepemimpinan. “Mudah-mudahan menjadi pemimpin dan kita doakan supaya berhasil cita-cita. Kalau saya hanya bisa mendoakan, dan kita sokong yang muda-muda karena semangatnya untuk memimpin negeri ini,” ujar Buya Syech Ali Akbar Marbun melansir dari okemedan.com.

Dengan demikian klaim bahwa gambar Gibran diberi gelar Gus tidak benar. Gambar tersebut merupakan Gibran yang saat itu menjadi cawapres melakukan kunjungan di pesantren Al Kautsar Al Akbar Binjai, Medan kota Medan, Sumatera Utara pada minggu 19 November 2023. Kain ulos dan tongkat yang diberikan oleh Syekh Ali Akbar merupakan simbol kepemimpinan, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/11/19/gibran-silaturahmi-ke-pesantren-di-medan-dapat-tongkat-kepemimpinan-dari-ulama
https://okemedan.com/2023/11/19/silaturrahmi-ke-pesantren-al-kautsar-gibran-diupah-upah-diulosi-dan-diberi-tongkat/
https://www.youtube.com/watch?v=vLUIJAcb67w