[SALAH] Foto Bapaknya Jokowi Seorang Tentara Komunis

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Foto yang digunakan dalam unggahan tersebut bukanlah bapak dari Presiden Indonesia melainkan Jenderal Wang Zhen yang menjadi salah satu tetua Partai Komunis Tiongkok. Bapak Jokowi sendiri bukan seorang tentara melainkan pengusaha kayu.

Simak Penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten yang menyesatkan

====
[SUMBER] Instagram
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722951779.696108/index.html

====
[NARASI]
Jokowi = PKI

Ini lho bapaknya Jokowi yang bernama Widjiatno !! Dokum negara sudah dibuka ! Jokowi PKI tulen ! Ganyang Jokowi

====
[PENJELASAN]
Beredar sebuah unggahan yang memperlihatkan foto bapak dari Presiden Republik Indonesia. Dalam unggahan tersebut, terlihat foto seorang pria yang bernama Widjiatno atau yang dianggap sebagai bapaknya Jokowi mengenakan atribut tentara beserta lambang komunis. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @achmadmulyanto373 pada 17 Juli 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, unggahan tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba menelusuri di internet profil orang tua dari Presiden Indonesia saat ini. Hasilnya pemeriksa fakta menemukan foto orang tua Jokowi di salah satu sumber yang valid yaitu di laman http://detik.com. Dalam artikel tersebut, foto ayah Jokowi yang bernama Widjiatno Notomiharjo berbeda dengan yang diunggah oleh akun di atas. Dalam artikel ini juga dijelaskan bahwa ayah Jokowi bukan seorang tentara melainkan pengusaha kayu.

Selain itu, postingan yang menampilkan foto ayah Jokowi seorang tentara serupa dengan klaim yang pernah dibahas oleh pemeriksa fakta Mafindo sebelumnya dan merupakan informasi yang salah. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, foto yang digunakan merupakan foto Jenderal Wang Zhen, salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

Dengan demikian, tidak benar pernyataan mengenai bapak dari Presiden Indonesia tentara komunis.

====
[REFERENSI]
https://news.detik.com/berita/d-3398259/foto-foto-notomiharjo-ayah-jokowi-yang-sempat-jadi-perbincangan

https://turnbackhoax.id/2024/05/16/salah-gambar-ayah-jokowi-notomiharjo-tokoh-pki-tionghoa

https://turnbackhoax.id/2024/03/27/salah-akhirnya-bocor-juga-a-1-bpk-nya-jokowi-yg-asli