[SALAH] “Akhirnya Bocor Juga A. 1 Bpk-nya Jokowi yg asli”

HOAKS BERULANG. Bukan foto ayah dari Jokowi, melainkan foto Jendral Wang Zhen, seorang figur politik Tiongkok dan salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=378203518465860&set=p.378203518465860&type=3

Arsip https://archive.fo/mTv4A 

===

NARASI:

“Akhirnya Bocor juga
A.1
Bpk-nya Jokowi yg asli.
Mirip Banget..!!!

Klw Cebong Ngebantah, Gua Gampar muka jelek-nya satu-satu.!!!”

===

PENJELASAN: Akun Facebook bernama Penjahat Konstitusi mengunggah tangkapan layar pada Minggu, 25 Maret 2024 sebuah foto dan narasi yang mengklaim bahwa orang di dalam foto tersebut merupakan sosok Widjiatno, ayah dari Presiden RI Joko Widodo. Dalam foto terlihat sosok tersebut mengenakan sebuah pin berlogo palu arit, yang erat kaitannya dengan simbol komunisme.

Perlu diketahui bahwa postingan pada tangkapan layar tersebut sudah beredar sejak tahun 2020, yang kala itu diunggah oleh akun Ko Hong Guan di grup Facebook Indonesia Bersuara.

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, klaim foto ayah Jokowi adalah salah. Faktanya pria dalam foto tersebut bukan Widjiatno, ayah Jokowi, melainkan jendral Wang Zhen, yang merupakan figur politik Tiongkok dan salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok. Wang Zhen lahir di Liuyang, Hunan, Tiongkok pada 11 April 1908. Ia diketahui meninggal di Guangzhou, 12 Maret 1993.

Selain itu telah terjadi proses penyuntingan atau manipulasi pada foto, yakni logo palu arit yang disematkan pada kerah baju. Melansir dari situs University of Wisconsin UWMilwaukee collections.lib.uwm.edu yang menampilkan foto serupa, tidak ditemukan adanya logo palu arit di kerah baju jendral Wang Zhen.

Sementara itu melansir dari detik.com, ayah Jokowi, Widjiatno Notomiharjo meninggal pada tahun 2000 dikarenakan menderita penyakit hernia. Tidak ditemukan adanya catatan bahwa Ia pernah bergabung di militer atau Partai Komunis Indonesia (PKI).

Hoaks foto ayah dari Jokowi telah beredar sejak tahun 2020, dan beberapa kali telah dibuat artikel periksa faktanya oleh pemeriksa fakta Mafindo.

Berdasar seluruh referensi, foto terkait ayah Jokowi menggunakan seragam dengan kerah berlogo palu arit adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://collections.lib.uwm.edu/digital/collection/agsphoto/id/12084/
https://news.detik.com/x/detail/investigasi/20170113/Langgam-Hidup-Ayah-Jokowi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Wang_Zhen_(jenderal)