[SALAH] TANGGAL 17 AGUSTUS PERTALITE AKAN DIHAPUS

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, untuk bahan bakar jenis pertalite tidak akan dihapus dari Indonesia. Namun memang, pembagiannya akan dibatasi hanya kepada pihak yang memang membutuhkan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/jA0Fp

=====
[NARASI]:

“1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, Kanjuruhan berdarah. Rakyat dibunuhi.

17 Agustus Hari Kemerdekaan, pertalite dihapus.

Rezim Jokowi anti sejarah! Ini penghinaan pada bangsa Indonesia

IstanaSarangPenyamun

IstanaSarangPenyamun”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media X, narasi yang menyebutkan bahwa pada tanggal 17 Agustus 2024, pertalite akan dihapuskan. Narasi dari akun @MichelAdam7__ berhasil mengundang berbagai komentar dari pengguna X lainnya. Lalu apakah benar, bahwa pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang pertalite akan dihapus?

Setelah melakukan penelusuran mengenai narasi tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa klaim didalamnya mengandung kekeliruan. Faktanya, untuk bahan bakar jenis pertalite tidak akan dihapus dari Indonesia. Namun memang, pembagiannya akan dibatasi hanya kepada pihak yang memang membutuhkan.

Pertalite yang merupakan bahan bakar subsidi pemerintah, awalnya dapat diperoleh oleh seluruh kalangan masyarakat. Namun kini, pertalite hanya akan didistribusikan kepada masyarakat dengan kategori-kategori yang telah ditentukan. Hal tersebut pun ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Dan juga pemberian subsidi yang tidak pada tempatnya. Itu sekarang Pertamina sedang menyiapkan. Kita berharap 17 Agustus ini, kita sudah bisa mulai, di mana orang yang tidak berhak mendapat subsidi itu akan bisa kita kurangi,” kata Luhut di unggahan akun media sosialnya, @luhut.pandjaitan, melansir dari cnnindonesia.com, Kamis (18/7).

Dalam ulasan pada artikel okezone.com, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan hal serupa. Fadjar menekankan bahwa BBM Subsidi seperti Pertalite merupakan kewenangan pemerintah.

“Sampai saat ini kami masih ditugaskan untuk menyediakannya,” tukasnya.

Kabar mengenai penghapusan pertalite ini memang telah beredar setidaknya pada bulan Mei lalu. Berbagai narasi yang mirip juga telah diulas dan diterbitkan oleh turnbackhoax.id.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa pertalite akan dihapus pada tanggal 17 Agustus mendatang, merupakan klaim yang menyesatkan atau termasuk kategori misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20240711170804-579-1120260/sinyal-luhut-pembatasan-bbm-mulai-17-agustus-jadi-berdasarkan-cc

https://economy.okezone.com/amp/2024/07/14/320/3034071/bbm-jenis-baru-rendah-sulfur-disiapkan-17-agustus-2024-pertalite-dihapus?page=2

=====