[SALAH] Pisang Somalia Mengandung Cacing Berbahaya

Periksa Fakta Vania. 
Menyesatkan, informasi tersebut merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Faktanya, benda yang diklaim cacing dalam video tersebut bukanlah cacing, namun merupakan serat pisang yang mengalami masalah pematangan.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://perma.cc/MP4C-ERVY

=====    

Narasi   
Hati-hati & waspada pisang dri Somalia..
Viralkan!!!

=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Mahesa Munawari memposting sebuah video mengenai pisang impor asal Somalia mengandung cacing berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Dalam video tersebut narator menyebutkan ada 500 ton pisang dari somalia yang dikirim dan mengandung racun Helicobacter yang berbentuk cacing. Narator juga menyebutkan seseorang yang memakan pisang itu akan mengalami diare, mual, muntah, sakit kepala, bahkan kematian.

Dilansir dalam kompas.com, berita hoaks tersebut telah beredar mulai tahun 2021. Berdasarkan data Banana Market Analysis 2023 yang diterbitkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) negara dengan eksportir terbesar di dunia adalah Ekuador, Filipina, Kosta Rika, Guatemala, Kolombia, dan Republik Dominika. Dalam data tersebut tidak terdapat catatan mengenai Somalia, sehingga, klaim mengenai impor pisang 500 ton dari Somalia terbantahkan. 

Otoritas Pertanian dan Keamanan Pangan Abu Dhabi yang dimuat oleh UAE BARQ menyebutkan bahwa Helicobacter bukan lah jenis cacing, melainkan jenis bakteri. 
“Helicobacter merupakan jenis bakteri dan bukan jenis cacing. Tidak ada siklus hidup cacing sebesar itu dalam buah yang ditunjukkan dalam video,” tulis Otoritas Pertanian dan Keamanan Pangan Abu Dhabi. 
Kemudian, bakteri ini juga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang seperti dalam video. Pengamatan Helicobacter pylori hanya dapat dilakukan melalui mikroskop.

Dilansir dalam turnbackhoax.id, benda yang diklaim merupakan cacing dalam video tersebut bukanlah cacing, namun merupakan serat pisang yang mengalami masalah pematangan. Fabricio Loyola, ahli agronomi Ekuador dan anggota perguruan tinggi insinyur pertanian provinsi Pichincha mengatakan bahwa ketika bagian putih buah tidak dapat mencapai kadar gula yang cukup, akan berubah tekstur menjadi berserat. 

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/20/185500582/-hoaks-pisang-somalia-mengandung-cacing-yang-sebabkan-kematian?page=all#page2
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.9RV6Q9
https://turnbackhoax.id/2021/11/22/salah-500-ton-pisang-dari-somalia-mengandung-cacing-helicobacter/
https://turnbackhoax.id/2024/06/20/salah-pisang-asal-somalia-mengandung-cacing-helicobacter/