[PENIPUAN] “Jusuf Hamka berbagi uang di Facebook”

Akun palsu. Dalam unggahan akun Instagram @jusufhamka yang sudah terverifikasi pada 31 Maret 2023, dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka hanya ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook “Jusuf Hamka” (fb.com/jusuf.hammka026) pada 22 Juni 2024 menunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Selamat Uang telah datang untuk membangun rumah untuk Anda KLAIM. . . . #virals Sorotan”

Sumber: https://arsip.cekfakta.com/archive/1719404144.615238/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook “Jusuf Hamka” yang mengadakan bagi-bagi hadiah mengatasnamakan H. Mohammad Jusuf Hamka atau juga dikenal dengan nama Babah Alun merupakan konten tiruan.

Faktanya, akun tersebut merupakan akun palsu. Dalam unggahan akun Instagram @jusufhamka yang sudah terverifikasi pada 31 Maret 2023, dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka hanya ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Modus penipuan dengan mengatasnamakan tokoh publik seperti Jusuf Hamka ini merupakan hoaks yang berulang kali muncul dan sangat berbahaya jika memberikan data pribadi seperti buku tabungan untuk diunggah di media sosial. Pasalnya data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2024/05/24/penipuan-jusuf-hamka-bagikan-uang-50-juta-dengan-tebak-nama-kota/
https://turnbackhoax.id/2023/12/03/salah-jusuf-hamka-berbagi-hadiah-melalui-akun-facebook-jusuf-hamka/

About Adi Syafitrah 1644 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo