[SALAH] Presiden FIFA Coret Guinea dari Olimpiade 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya Presiden FIFA, Gianni Infantino, tidak sama sekali mengeluarkan pernyataan jika FIFA mencoret Guinea dari Olimpiade 2024. Video yang ditampilkan berasal dari video-video lama yang tidak berkaitan dengan Guinea.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/sECzOSUiAD4 (arsip)

===========

[NARASI]:

­čö┤TERIMAKASIH PRESIDEN FIFA !! FIFA Langsung Keluarkan Guinea Dari Olimpiyade Paris Karena Hal Ini?

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan klaim jika Guinea akhirnya dicoret oleh pihak FIFA dari Olimpiade 2024. Video menunjukkan beberapa cuplikan press conference Presiden FIFA, Gianni Infantino dan klip lain yang memperlihatkan pertandingan sepak bola.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran AFP rupanya video press conference Infantino tersebut berasal dari dua cuplikan video berbeda yang digabungkan.

Cuplikan pertama diambil dari video di website BBC.com yang diunggah pada tanggal 18 Agustus 2023. Video ini bukan merupakan pernyataan dari Gianni Infantino mengenai pencoretan Guinea dari Olimpiade 2024, merupakan video ketika Infantino sedang membicarakan tentang kesetaraan saat Piala Dunia Wanita di Australia.

Cuplikan video yang kedua diambil dari video milik media Kanada, Global News, yang diunggah pada tanggal 19 November 2022. Dalam video ini Presiden FIFA sedang menuduh pengkritik isu-isu HAM di Qatar sebelum Piala Dunia 2022 sebagai pihak-pihak yang hipokrit.

Berdasarkan dari temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan jika Presiden FIFA, Gianni Infantino, tidak sama sekali mengeluarkan pernyataan jika FIFA mencoret Guinea dari Olimpiade 2024. Video yang ditampilkan berasal dari video-video lama yang tidak berkaitan dengan Guinea.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34W437R

https://www.bbc.com/sport/football/66541044

https://globalnews.ca/video/9292065/fifa-president-attacks-western-hypocrisy-over-world-cup-in-qatar

]