[SALAH] Paket COD di Yogyakarta dari Sindikat Narkoba China

Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim mengenai kiriman paket dengan sistem cash on delivery (COD) di Yogyakarta yang diklaim dari sindikat pengedar narkoba China adalah salah. Faktanya foto paket tersebut berasal dari kasus pengiriman paket COD misterius di Yogyakarta pada 2018.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/cbenU (arsip)

===========

[NARASI]:”Hati2 Skrg Say na Krn banyak skali mi macam2 penipuan banyak skali mi org dpt kiriman paket dari tiktok dari Tokopedia pada hal tidak pernah pesan paket.kalau ada bgtu jgn di ambil langsung kembalikan saja apa lagi kalau kurir minta foto jgn diladeni🙏🙏”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah unggahan di Facebook pada 30 Mei 2024 berisi konten mengenai kiriman paket dengan sistem cash on delivery (COD) di Yogyakarta yang diklaim dari sindikat pengedar narkoba China. Paket itu dikirimkan ke rumah, padahal penerima tidak pernah memesan. Kemudian, kurir akan memaksa memfoto sebagai konfirmasi ke pengirim.

Faktanya klaim yang beredar di Facebook ini, bukan merupakan kasus yang muncul baru-baru ini. Isu tersebut sudah pernah muncul pada 18 September 2018 lalu. Dilansir dari artikel Kompas, Foto paket yang beredar merupakan kiriman untuk Ulfa Fitria (45), pemilik toko pakaian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ulfa mendapat kiriman paket berisi jam tangan dari China. 

Ulfa menolak menerima paket dan membayar dengan sistem COD karena merasa tidak memesan. Selain Ulfa, Sunaryo (36) warga Kabupaten Bantul juga menerima kiriman paket COD berisi sepatu, padahal tidak pernah memesan. Kepolisian Daerah (Polda) DIY membenarkan peristiwa pengiriman paket misterius, tetapi isinya bukan narkoba. Polisi menduga, pihak pengirim mengambil keuntungan dari pembayaran COD.

Berdasarkan dari temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika unggahan yang  berisi konten mengenai kiriman paket dengan sistem cash on delivery (COD) di Yogyakarta yang diklaim dari sindikat pengedar narkoba China adalah salah. Faktanya foto paket tersebut berasal dari kasus pengiriman paket COD misterius di Yogyakarta pada 2018.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.id/baca/utama/2018/09/18/cerita-awal-mula-kehebohan-paket-misterius-di-yogyakarta

https://turnbackhoax.id/2024/05/31/salah-paket-berisi-narkoba-berasal-dari-cina