[SALAH] JOKOWI GADAIKAN SEBAGIAN WILAYAH INDONESIA KE ASING

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Jokowi gadaikan sebagian wilayah Indonesia ke asing. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/V98F-GTKA (Youtube)

=======

[NARASI]:
J0K0W BERULAH LAGI:bangbang:BLUM USAI URUSAN UKT & TAPERA, JKW KINI GADAIKAN SEBAGIAN WILAYAH INDONESIA

JOKOWI SERAHKAN NKRI KEPADA CHINA?

KABAR MENGGEMPARKAN
JOKOWI BIANG KEROKNYA
SEBAGIAN WILAYAH SUDAH DIGADAIKAN KE ASING

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION bernarasikan Jokowi gadaikan sebagian wilayah Indonesia ke asing.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan juga merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari cnbcindonesia berjudul “Jokowi Restui Perpanjangan Izin Tambang Freeport Seumur Cadangan, Tapi”. Artikel ini membahas tentang  Presiden Jokowi memberikan lampu hijau kepada PT Freeport Indonesia untuk bisa memperoleh perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Selain itu, narator juga membacakan artikel lain dari cnbcindonesia.com dengan judul “Izin Freeport Bisa Diperpanjang Sampai Cadangan Habis, Ini Aturannya”. Dalam artikel ini membahas tentang PT Freeport Indonesia mendapatkan angin segar dari pemerintah. Perusahaan emas dan tembaga yang beroperasi di Tembagapura, Mimika, Papua itu mendapatkan lampu hijau perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Dengan demikian, narasi dengan klaim Jokowi gadaikan sebagian wilayah Indonesia ke asing tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240531135617-4-542798/jokowi-restui-perpanjangan-izin-tambang-freeport-seumur-cadangan-tapi

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240531132704-4-542785/izin-freeport-bisa-diperpanjang-sampai-cadangan-habis-ini-aturannya