[SALAH] Paket COD dari Cina Berisi Narkoba

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Informasi ini merupakan hoaks lama yang muncul kembali. Tidak pernah ada kasus paket COD yang terbukti berisi narkoba dari Cina. Modus yang terbukti dari pengiriman paket COD tersebut adalah pihak pengirim yang ingin mengambil keuntungan dari pembayaran COD, bukan narkoba.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/twNkg

=====

Narasi:
“HATI-HATI PAKET COD YANG MENJEBAK”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Boediantar4 mengunggah video yang menjelaskan modus paket COD yang dikirim dari Cina berisikan narkoba. Cuitan dan video yang diunggah pada 26 Mei tersebut telah disukai lebih dari 400 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 300 kali, serta telah dilihat lebih dari 23,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Divisi Humas Polri telah memberikan klarifikasi mengenai modus ini di Instagram resminya yang menyatakan bahwa pengiriman paket COD ini memang ada, namun belum tentu narkoba. Divisi Humas Polri menyatakan bahwa modus yang terbaca sementara adalah pihak pengirim sengaja ingin mengambil keuntungan dari pembayaran yang dilakukan saat transaksi COD paket tersebut.

Selain itu, informasi serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Paket Berisi Narkoba Berasal dari Cina” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @Boediantar4 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/Bn0CPaegMaQ/?utm_source=ig_web_copy_link


https://turnbackhoax.id/2024/05/31/salah-paket-berisi-narkoba-berasal-dari-cina/