[SALAH] Walikota Medan Kehilangan Uang Miliaran Rupiah di Rumah Dinasnya

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, Bobby Nasution tidak kehilangan uang miliaran rupiah. Barang yang hilang merupakan barang bahan pokok yang akan dibagikan ke warga dan sejumlah alat rumah tangga, barang – barang tersebut merupakan aset pemerintah kota. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/JLwRJ

=====    

Narasi   
Uang milyaran rupiah dari beberapa mata uang milik walikota medan diduga telah hilang di rumah dinas.

Hilangnya uang tersebut saat walikota Medan sedang melaksanakan ibadah Umrah, bahkan para pekerja yang bekerja di rumah tersebut dipecat. 

=====   

Penjelasan:   
Akun Tiktok Medan_info86 telah mengunggah video mengenai Wali Kota Medan, Bobby Nasution telah kehilangan uang miliaran Rupiah di rumah yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Medan, tersebut.

Dilansir dari antaranews.com, Bobby Nasution sendiri telah membantah mengenai informasi kehilangan uang hingga miliaran rupiah dengan berbagai mata uang di rumah dinasnya. Pihaknya memastikan tidak ada barang yang hilang, baik atas nama pribadi atau keluarga yang tinggal di rumah dinas Wali Kota Medan, Jalan Jenderal Sudirman Medan. Barang hilang di rumah dinas Bobby Nasution adalah barang bahan pokok yang akan dibagikan ke warga dan sejumlah alat rumah tangga, yang merupakan aset pemerintah kota. 

“Rupanya ada barang pemkot tidak terlihat atau hilang. Untuk itu, saya serahkan ke pemerintah kota. Kalau dibilang ada barang pribadi Bobby Nasution atau barang pribadi wali kota yang hilang, saya nyatakan tidak ada,” tegas Bobby. 

Wali kota juga menyebutkan pelaku pencurian bahan pokok dan alat kebutuhan rumah tangga rumah dinas Wali Kota Medan kini sudah diketahui. Terdapat 3 tersangka dalam hilangnya sejumlah barang, yakni berinisial ES (42), ADD (44) dan AS yang masing-masing merupakan warga Kabupaten Deli Serdang.

=====     

Referensi:    
https://m.antaranews.com/berita/4123584/wali-kota-medan-bantah-kehilangan-uang-miliaran-di-rumah-dinasnya